Tips Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngemil Makan Snack Makanan Ringan

Kebiasaan sering makan dan minum yang tidak perlu bisa dimasukkan dalam kategori ngemil. Normalnya orang makan tiga kali sehari yaitu sarapan, makan siang dan makan malam dengan menu makanan yang kurang lebih empat sehat lima sempurna. Di luar itu kalau masih makan bisa dibilang ngemil. Biasanya orang kalau ngemil makanannya makanan ringan rendah gizi yang enak di lidah rasanya sekedar untuk menyenangkan diri sendiri.

Orang yang hobi ngemil makan makanan ringan rendah zat gizi belum tentu ingin berhenti ngemil. Selama kebiasaan ngemilnya tidak membahayakan kesehatan atau merusak penampilan, biasanya orang akan lanjut ngemil dengan makanan dan minuman yang disukainya. Tetapi ada juga orang-orang yang merasa bersalah dengan hobi makan cemilan dan ingin menghentikannya sesegera mungkin.

Tips Cara Mengurangi/Berhenti Ngemil Makanan Sampah/Junk Food Yang Negatif :

1. Biasakan Puasa

Kalau hobi ngemil anda sudah kronis, maka sebaiknya anda puasa sunah setiap hari atau paling tidak puasa senin kamis untuk mengurangi nafsu kita terhadap makanan dan minuman. Jika sudah terbiasa puasa biasanya nafsu kita akan mudah dikontrol.

2. Jangan Beli Dan Simpan Cemilan

Kita ngemil karena ada cemilan di sekitar kita. Tidak ada cemilan berarti tidak ngemil. Jadi jangan beli makanan-makanan dan minuman-minuman ringan selain untuk makan wajib tiga kali dalam sehari. Hindari atau kurangi bertamu ke tempat orang yang biasa menyuguhkan makanan cemilan kepada anda.

3. Batasi Pengeluaran

Kalau kita memegang banyak uang maka akan timbul banyak godaan untuk menghabiskannya untuk jajan atau makan di luar. Upayakan untuk hanya memegang uang secukupnya untuk kebutuhan pokok di luar cemilan. Kalau tidak ada duit otomatis tidak akan jajan di luar atau belanja membeli makanan dan minuman cemilan untuk disimpan di rumah.

4. Kurangi Pelan-Pelan

Kalau sudah ketagihan / kecanduan ngemil, otomatis pecandunya akan kesulitan untuk langsung berhenti ngemil sama sekali. Untuk mengatasinya kita perlu sedikit demi sedikit mengurangi jumlah cemilan yang dimakan dari hari ke hari. Setelah berjalan lama diharapkan hanya ngemil sedikit sekali saja sehari.

5. Ganti Menu Cemilan

Paksakan untuk mengganti menu cemilan dengan sayur-sayuran dan buah-buahan segar yang kaya nutrisi dan manfaat. Sayur-mayur yang masih mentah dapat langsung dikonsumsi setelah dicuci bersih. Sayuran dan buah yang mentah biasanya memiliki kandungan zat gizi yang lebih banyak daripada yang telah melalui proses dimasak.

Semoga anda bisa mengurangi atau menghentikan kebiasaan ngemil anda. Semoga bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngemil Makan Snack Makanan Ringan"

Posting Komentar