Tips Cara Naik Angkot (Angkutan Perkotaan) / Kendaraan Umum Kecil

Angkot adalah kependekan dari angkutan perkotaan.  Angkot merupakan transportasi umum yang berbentuk mobil kecil dengan kapasitas belasan orang dan melayani perjalanan dengan rute atau trayek yang telah ditentukan oleh pemerintah.  Angkot adalah sarana angkutan umum yang dapat menjangkau daerah-daerah yang sulit untuk dilalui oleh bis sedang maupun bus besar.  Tarif angkot yang terjangkau membuat angkot menjadi pilihan banyak orang untuk bepergian di luar rumah.

Naik angkot untuk yang pertama kali mungkin sesuatu hal yang menyeramkan.  Namun sebenarnya naik angkot tidak perlu ditakuti.  Banyak orang yang menggunakan jasa angkot untuk pergi dari suatu tempat ke tempat yang lain.  Yang penting adalah kewaspadaan penuh terhadap setiap hal yang mencurigakan.  Jangan sampai anda menjadi korban tidak kriminalitas di dalam angkutan umum.

Tipa Cara Naik Angkot / Angkutan Umum Kecil yang Baik Bagi Pemula :

1. Bersiap-Siap Naik Angkot

Berdiri di pinggir jalan raya yang dilewati oleh angkot yang akan anda naiki.  Pastikan arah angkot sudah benar menuju arah tujuan yang hendak anda tuju.  Jangan sampai lupa membawa uang untuk membayar ongkos angkot sesuai dengan tarif yang berlaku.  Hindari membawa benda-benda berharga yang tidak perlu untuk menghindari tindak kejahatan di dalam angkutan umum maupun di tempat umum lainnya.

2. Naik Angkot

Berdoalah terlebih dahulu sebelum anda naik angkot agar diberi keselamatan oleh Tuhan yang Maha Esa.  Ketika angkot melintas panggilah angkot tersebut dengan melambaikan tangan seperti orang memanggil atau dengan cara mengacungkan jari telunjuk sambil mengarahkan wajah dan mata anda ke arah angkot.  Jika anda masih ragu dengan angkot yang hendak anda taiki sebaiknya tanyakan dulu kepada supir angkot apakah melewati daerah yang hendak anda tuju atau tidak.  Jika sudah  yakin maka naiklah ke dalam angkot.  Anda bisa naik angkot di depan bersama supir maupun di bagian belakang angkot.  Sebaikinya tidak memilih tempat duduk yang menghadap ke belakang jika anda termasuk orang yang mudah mabuk perjalanan darat.

3. Berhenti di Tempat Tujuan

Jika angkot telah sampai di tempat tujuan anda, mintalah supir angkot untuk berhenti.  Cara untuk memberhentikan angkot adalah dengan mengatakan "Kiri", "Kiri Bang", "Kiri Pir", "Kiri Ya", "Stop Pak", "Stop Bang", dan lain sebagainya.  Mungkin lain daerah memiliki kalimat perintah berhenti yang berbeda-beda.  Ulangi permintaan berhenti dengan suara yang lebih keras jika supir angkot tersebut belum menunjukkan tanda-tanda ingin berhenti di tempat yang anda tuju.

4. Bayar dan Turun dari Angkot

Tahap terakhir yang harus anda lakukan adalah turun dari angkot dan membayar jasa transportasi yang telah diberikan supir angkot kepada penumpang.  Atau bisa juga bayar dulu dan kemudian turun dari angkot jika letak supir dan diri anda tidak terlalu jauh.  Sebutkan dari mana anda naik angkot tersebut agar supir angkot mudah dalam menghitung ongkos yang harus dibayar.  Jika anda malas maka cukup berikan uang besar dan biarkan sopir angkot yang memberikan uang kembalian.  Jika anda telah membayar dan telah turun dari angkot maka kegiatan naik angkot telah terlaksana dengan sempurna.

Itulah beberapa hal yang penting dalam aktivitas naik mobil angkot yang ada di sekitar anda.  Bersikaplah yang baik dan sopan selama berada di dalam angkot.  Hargai dan hormati juga penumpang lain yang ada di dalam angkot agar mereka juga melakukan hal yang sama kepada anda.  Anda harus berhati-hati jika ada orang yang berperilaku mencurigakan.  Berhati-hatilah pula jika anda membawa anak-anak dan juga orang tua agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.  Semoga anda selamat sampai di tempat tujuan dalam keadaan sehat walafiat.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Naik Angkot (Angkutan Perkotaan) / Kendaraan Umum Kecil"

Poskan Komentar