Cara Membuat Surat Keterangan Sehat / Berbadan Sehat dari Dokter

Surat keterangan sehat adalah surat yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh dokter.  Pada umumnya surat sehat dokter dibutuhkan oleh masyarakat untuk melengkapi suatu persyaratan.  Contohnya yaitu seperti persyaratan pendaftaran sekolah atau kampus tertentu, melamar pekerjaan, kenaikan jabatan, pendaftaran haji, dan lain sebagainya.  Surat keterangan sehat dokter banyak dicari orang pada musim-musim tertentu agar bisa memenuhi suatu persyaratan tertentu.  Terkadang panitia mendatangkan tim dokter langsung untuk memeriksa kesehatan para pesertanya agar hasilnya lebih dapat dipercaya.

Sebelum tes kesehatan di dokter praktek sebaiknya diyakinkan dahulu surat keterangan sehat yang diterima sebagai persyaratan itu surat dokter yang bagaimana.  Apakah boleh meminta surat keterangan berbadan sehat dari dokter umum yang berpraktek sendiri atau harus yang dibawah lembaga tertentu seperti rumah sakit, klinik, puskesmas, dan lain sebagainya.  Jika ragu dan sulit mendapatkan jawabannya, maka lebih baik memilih rumahsakit atau puskesmas untuk mendapatkan surat keterangan sehat.

Tips Cara Mendapatkan Surat Keterangan Sehat / Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter :

1. Datang ke dokter yang praktek di rumah sakit, klinik, puskesmas, poliklinik, dokter praktek, dan lain sebagainya.  Berpakaianlah yang rapi dan sopan.  Bawalah uang secukupnya dan siapkan identitas diri seperti ktp asli, askes / bpjs, kartu anggota, dan lain sebagainya

2. Daftar di tempat pendaftaran agar bisa bisa diproses dan mendapat nomor antraian (bila banyak pasien).  Jika diharuskan mengisi formulir pendaftaran dan menunjukkan identitas diri, maka isi dan penuhilah permintaan tersebut.  Jika diminta membayar sejumlah uang tertentu maka bayarlah hingga lunas.

3. Masuklah ke ruang praktek dokter setelah mendapatkan giliran.  Kemudian kemukakan maksud tujuan datang dokter, yaitu untuk membuat surat keterangan berbadan sehat.

4. Ikuti instruksi yang dokter berikan selama proses pemeriksaan kesehatan dilakukan.  Biasanya dokter akan memeriksa tinggi badan, berat badan, tekanan darah, kejiwaan secara umum, dan penampilan kita secara umum.  Mungkin dokter atau tim kesehatan tertentu akan memeriksa kelengkapan fisik lebih detil lagi seperti alat kelamin, kondisi gigi, bekas suntikan narkoba di lengan, bekas sayatan sakaw di lengan, dan lain sebagainya.

5. Setelah dokter selesai melakukan pemeriksaan dan analisa sesuai prosedur maka dokter akan mengeluarkan surat keterangan sehat.  Namun jika kita memang dinilai dokter berada dalam keadaan sakit atau tidak sehat, maka kemungkinan besar dokter tidak akan menerbitkan surat keterangan berbadan sehat.

6. Setelah semua proses selesai maka hal yang terakhir perlu dilakukan adalah menyelesaikan administrasi yang perlu dilakukan, seperti membayar tagihan yang dikenakan kepada kita, meminta stempel atau cap untuk surat keterangan berbadan sehat dari dokter, mengambil kartu anggota, dan lain sebagainya.

Mudah-mudahan anda bisa mendapatkan surat keterangan sehat dari dokter dengan mudah tanpa suatu kendala apa pun.  Kurang lebih mohon maaf, terima kasih banyak.


Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Membuat Surat Keterangan Sehat / Berbadan Sehat dari Dokter"

Posting Komentar