Fungsi/Manfaat Menanam Pohon Buah di Halaman Pekarangan Rumah

Pohon merupakan suatu keajaiban alam yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa kepada manusia.  Salah satu pohon yang sering ditanam oleh orang-orang adalah tanaman Pohon buah yang dapat menghasilkan buah.  Pohon buah dapat bertindak sebagaimana pohon-pohon biasa pada umumnya dan juga dapat digunakan sebagai penghasil makanan dan minuman bagi pemiliknya serta juga orang-orang yang ada di sekitarnya.  Ada begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari menanam pohon buah di lingkungan sekitar rumah tempat tinggal.

Beberapa Kebaikan / Fungsi / Manfaat Pohon Buah di Sekitar Rumah Tempat Tinggal :

1. Penyejuk Udara Panas dan Kering

Dengan adanya pepohonan di sekitar rumah, maka panas matahari akan diserap oleh pohon, sehingga udara yang ada di sekitar pohon yang rindang akan terasa lebih sejuk dan nyaman.  Terlebih lagi jika lantai di bawah pohon dibiarkan menjadi tumpukan sampah daun yang menyerap air hujan, udara pun akan terasa lembap.  Berbeda sekali halnya jika suatu pekarangan rumah tidak ada pepohonan besar yang rimbun daunnya, karena ketika mahatari bersinar terik, maka udara akan menjadi panas dan kering.

2. Penyaring Udara Kotor

Salah satu manfaat dari tanaman buah-buahan yang berdaun rimbun adalah dapat melakukan penyaringan udara kotor polusi yang dihasilkan oleh manusia maupun yang dihasilkan oleh alam secara alami.  Semakin banyak pohon maka akan semakin banyak pula udara tercemar yang disaring oleh pepohonan yang rimbun tersebut.

3. Tempat Berteduh dari Terik Matahari

Di bawah pohon yang rimbun biasanya terasa teduh karena dilindungi dari terpaan sinar matahari langsung di siang hari yang panas dan menyengat.  Rasanya jauh lebih nyaman daripada menggunakan penutup lainnya seperti kanopi maupun genteng.  Di saat udara panas terik menyengat anda tinggal meletakkan kursi malas atau perabotan lainnya untuk bersantai di bawah pohon rindang yang sejuk dan teduh.

4. Hiasan Hidup untuk Rumah

Dengan melakukan perencanaan yang baik sebelum penanaman pohon buah, maka pohon yang akan ditanam dapat dijadikan pendukung keindahan rumah.  Dengan perawatan yang baik dari kecil hingga besar, maka pohon buah-buahan yang ditanam dapat tumbuh seperti apa yang diharapkan.  Dengan dipadu dengan tanaman dalam pot maka pohon-pohon buah yang ada pun akan terlihat lebih menawan.

5. Penghasil Uang Tambahan / Makanan Tambahan Bergizi Tinggi

Pohon buah yang menghasilkan buah-buahan akan dapat memberikan tambahan penghasilan maupun tambahan makanan bagi pemiliknya ketika telah berbuah sesuai harapan.  Buah-buah yang berkualitas baik tentu saja dapat dijual kepada orang lain sehingga mendapatkan uang tambahan yang tidak sedikit.  Buah yang dihasilkan pohon buah yang ada di halaman rumah pun dapat dikonsumsi sendiri berserta para tetangga yang tinggal di sekitar rumah.

Dari beberapa fungsi atau manfaat tanaman pohon buah rumah yang telah dipaparkan di atas, maka dapat dilihat betapa besarnya manfaat yang dapat dipetik dari pohon buah yang ditanam di sekitar rumah manusia.  Oleh sebab itu tidak ada salahnya anda menanam beberapa pohon buah di halaman tempat tinggal anda untuk kebaikan diri anda sendiri maupun orang lain yang ada di sekitar anda.  Mudah-mudahan tulisan yang sederhana ini dapat memberikan kebaikan untuk kita bersama, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Fungsi/Manfaat Menanam Pohon Buah di Halaman Pekarangan Rumah"

Poskan Komentar