Tips Cara Tidur Siang di Kantor, Sekolah, Kampus, Dll

Manusia adalah makhluk hidup yang membutuhkan tidur dalam kehidupannya sehari-hari.  Setidak-tidaknya manusia harus tidur satu kali dalam sehari dengan jangka waktu yang cukup agar tidak menyebabkan masalah fisik maupun mental.  Tidur adalah merupakan suatu cara yang efektif pada tubuh manusia dalam mengembalikan kebugaran tubuh dan juga kesiapan mental dalam menghadapi berbagai aktivitas hidupnya.  Dengan tidur yang cukup, energi seseorang bisa terisi kembali setelah melakukan aktivitas yang memelahkan.

Ketika sedang menjalani aktivitas rutin harian, tidur menjadi sesuatu yang tidak baik untuk dilakukan ketika sedang merasa lelah.  Contohnya seperti sedang kerja di kantor, sekolah, kuliah, dan lain sebagainya.  Walau demikian ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan tidur siang dalam kondisi yang penuh keterbatasan.  Tentunya ada banyak hal atau faktor yang penting untuk diperhatikan agar tidur siang tidak berubah menjadi malapetaka yang membawa dampak negatif.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mau Tidur Siang di Kantor, Sekolah, Kampus, dll :

1. Waktu Pelaksanaan Tidur Siang

Hindari tidur siang di waktu-waktu yang tidak diperkenankan.  Pilih waktu tidur siang yang baik seperti di waktu jam istirahat, waktu break, waktu sholat, waktu selepas melaksanakan tugas, dan lain sebagainya.  Jika memang merasa sangat mengantuk maka cobalah meminta izin dari atasan, guru, dosen dan lain sebagainya untuk meminta sedikit waktu untuk beristirahat.

2. Tempat Pelaksanaan Tidur Siang

Pilihlah tempat yang aman dan nyaman dalam menjalankan kegiatan tidur siang.  Bisa menggunakan tempat umum seperti masjid / musholla, ruang publik, bangku taman, dan lain sebagainya.  Yang jelas jangan sampai terlihat seperti orang gila saat tidur di tempat umum.  Bisa juga tidur siang di ruang kerja kita, di kelas kita, dan lain sebagainya.  Jika mendesak maka tidur siang sambil beraktivitas pun bisa saja dilakukan jika memang sudah sangat mengantuk sekali.  Namun resiko tanggung sendiri.

3. Kontrol Tidur Siang

Yang terakhir adalah bagaimana caranya supaya tidur siang yang dilakukan tidak berlebihan dan bisa bangun sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.  Agar bisa bangun tidur siang di waktu yang telah ditentukan gunakanlah reminder atau timer dari handphone / smartphone.  Bisa juga dengan minta bantuan dari teman untuk membangunkan kita pada waktu yang telah disepakati.  Dengan demikian maka lamanya tidur siang tidak akan meleset dari jadwal yang telah ditetapkan sehingga tidak menyebabkan berbagai efek atau dampak buruk terhadap pelakunya.  Semoga bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Tidur Siang di Kantor, Sekolah, Kampus, Dll"

Posting Komentar