Terbaru :
Home » , , , , » Tips Panduan Cara Minum Teh Yang Baik Dan Yang Buruk Bagi Kesehatan Manusia

Tips Panduan Cara Minum Teh Yang Baik Dan Yang Buruk Bagi Kesehatan Manusia

Oleh godam64 pada 17 Februari 2010 | 00:45

Mimum teh adalah budaya atau kebiasaan sehari-hari orang indonesia dan dunia. Minuman teh biasanya menjadi menu wajib di tempat-tempat makan baik yang kecil sampai yang besar, semua menyediakan minuman teh dalam berbagai bentuk dan rasa. Teh berasal dari pucuk daun teh yang dikeringkan dengan berbagai cara sehingga menghasilkan teh yang siap diseduh untuk diminum. Jika malas kita pun tinggal beli teh dalam kemasan botol tinggal minum saja tanpa repot-repot lagi membuatnya.

Minum teh tidak boleh asal-asalan karena ada pedoman/petunjuk/aturan yang perlu kita pahami agar tidak mendapatkan efek negatif dari kebiasaan minum teh kita. Memang teh memiliki kebaikan/manfaat bagi kesehatan tubuh kita karena mengandung antioksidan polifenol, vitamin c, vitamin e, vitamin a, dan lain sebagainya. Selama minum teh dalam batas wajar dan mengikuti peraturan yang ada, maka minum teh akan menyehatkan dan menyegarkan.

Aturan Main / Cara Minum Teh Yang Baik dan Benar :

1. Minum teh dalam satu hari maksimal adalah kurang lebih 5 cangkir teh atau 5 gelas teh ukuran 200ml karena mengandung kafein (tehin) yang tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi orang.

2. Minum teh pada suhu yang sedang tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Minum teh pada suhu tinggi / panas dapat mengakibatkan kanker esofagus / kanker tenggorokan.

3. Jangan merebus atau menyeduh teh dengan suhu lebih dari 80 derajat celsius agar zat-zat baik dalam teh tidak hilang.

4. Ubah kebiasaan minum teh manis dengan gula karena dapat mengurangi zat-zat gizi yang baik dalam teh. Selain itu teh manis bisa menyebabkan kencing manis alias diabetes melitus jika terlalu banyak mengonsumsi gula.

5. Hindari minum teh basi atau teh yang sudah lama (kecuali teh minuman dalam kemasan yang belum kedaluarsa) karena bisa membuat kita sakit.

6. Jika perut sedang kosong (belum makan) maka jangan minum teh karena bisa meningkatkan produksi asam lambung.

7. Minumlah teh di luar waktu makan karena jika kita minum saat makan atau sesudah makan dapat mengurangi gizi makanan kita karena diambil oleh zat stimulan teh.

8. Ibu hamil jangan minum teh karena bisa menyebabkan kontraksi rahim akibat zat kafein dan stimulan pada minuman teh. Ibu menyusui bisa mengganggu produksi air susu ibu (ASI).

9. Teh susu atau teh campur susu dipercaya dapat mengurangi zat stimulan pada teh. Sedangkan teh lemon (lemon tea) dapat membantu melindungi sistem pencernaan serta dapat mencegah kerang pada dinding usus.

10. Hati-hati minum teh kemasan siap minum dalam botol, kotak, gelas dan lain-lain. Periksa kemasan dan isi jangan sampai isinya palsu karena bisa merusak kesehatan kita. Pelajari yang asli dengan cermat agar bisa mudah membedakan dengan membandingkan dengan yang palsu.

Mari minum teh demi kesehatan tubuh kita. Sekian dan terima kasih!
Rekomendasikan artikel ini :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Link Singkat Organisasi.Org | Bacaan Singkat Sarat Ilmu | Forum Komunitas yang Baik
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger