Tips Sukses Memberikan ASI Eksklusif Dua Tahun Untuk Ibu Bekerja (Wanita Karir)

Moms pasti sudah banyak yang tahu mengenai kandungan dan kehebatan ASI, sehingga banyak yang berniat untuk memberikan ASI eksklusif terhadap buah hati tercinta. Namun ada kalanya moms, bagi yang tidak dapat terus-menerus menyusui secara langsung buah hatinya selama 6 bulan berturut-turut, harus menampung ASI-nya agar buah hati mendapatkan ASI secara eksklusif hingga usia 6 bulan. Kendala yang dihadapi dalam memberikan ASIP (Air Susu Ibu Perah) secara ekslklusif salah satunya adalah kekhawatiran mengenai stok ASIP yang dimiliki, apakah mencukupi jumlahnya bagi si kecil selama ditinggal pergi ?

Untuk meminimalisir kekhawatiran terhadap stok ASIP, disini akan diberikan tips agar stok ASIP insya Allah mencukupi hingga si kecil mendapat ASI eksklusif hingga 6 bulan. Saat mengandung, ada baiknya moms merencanakan hal-hal yang diperlukan untuk menunjang pemberian ASI eksklusif. Moms dapat mempertimbangkan akan memerah ASI secara manual atau menggunakan breastpump, sehingga dapat mempelajari masing-masing metode dari alternatif yang akan dipilih dan mempersiapkan breastpump sebelum buah hati lahir, jika memilih untuk menggunakan breastpump. Setelah itu, moms perlu mempersiapkan wadah penampung ASIP, yang umumnya direkomendasikan adalah botol kaca bening karena tidak akan mempengaruhi kandungan ASI. Untuk moms yang bekerja diluar rumah atau bepergian, moms juga memerlukan cooler bag beserta blue ice-nya untuk membawa ASIP apabila memerahnya saat tidak di rumah.

Ketika buah hati lahir, moms mendapat cuti bersalin yang kurang lebih 3 bulan, jangan sia-siakan kesempatan itu. Saat moms telah kembali ke rumah setelah menjalani perawatan bersalin, rutinlah menampung ASI minimal sehari 2x dan lakukan setiap hari. Jika dikalkulasi dengan asumsi cuti 3 bulan dikurang seminggu di rumah sakit, akan didapat masa cuti bersalin setelah di rumah selama kurang lebih 80 hari, dalam waktu tersebut, moms sudah bisa menampung ASIP sebanyak kurang lebih 160 botol, cukup memadai bukan?

Saat moms dalam masa cuti, usahakan jangan menggunakan stok ASIP yang ada, karena stok tersebut akan dipergunakan saat moms sudah kembali bekerja. Susuilah buah hati Anda secara langsung dan sesering mungkin, karena semakin sering ASI dikeluarkan, semakin sering pula ASI berproduksi. Saat moms harus kembali bekerja, usahakan menampung ASI minimal 2x saat di tempat kerja dan 1x setibanya di rumah. Demikian tips yang dapat dibagikan, semoga bermanfaat dan tetaplah berikan ASI hingga buah hati berusia 2 (dua) tahun.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Sukses Memberikan ASI Eksklusif Dua Tahun Untuk Ibu Bekerja (Wanita Karir)"

Posting Komentar