Alasan Penyebab Badak Jawa Terancam Punah Selama-Lamanya

Badak Jawa adalah binatang yang sangat langka di Indonesia.  Hewan ini hanya ada di Indonesia saja, tepatnya di pulau jawa.  Di pulau jawa pun badak jawa hanya terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) dengan jumlah yang amat sangat sedikit.  Karena jumlahnya yang amatlah sangat sedikit, maka binatang ini dilindungi keberadaannya oleh pemerintah Indonesia.  Dari lima spesies badak yang ada di dunia ini, hanya badak jawa yang keberadaannya amat sangat memperihatinkan.  Selain badak jawa juga ada badak sumatera yang juga masuk ke dalam daftar binatang yang dilindungi.

Badak Jawa tidak memiliki predator alami sehingga kematian badak jawa biasanya disebabkan oleh manusia (pemburu).  Mitos tentang badak menyebabkan banyak badak jawa yang diburu oleh para pemburu yang tidak bertanggung jawab.  Selain karena ulah tangan manusia, badak jawa juga di ambang kepunahan karena sulit memperbanyak diri (berkembang biak).  Badak jawa betina melahirkan anak setiap interval 4 sampai 5 tahun sekali.  Masa kehamilan badak jawa pun juga panjang, yaitu sekitar 15-16 bulan.  Jarangnya kehamilan badak jawa salah satunya disebabkan oleh sifat badak jawa yang suka hidup menyendiri.

Hanya Allah SWT yang menetapkan kepunahan suatu spesies binatang / hewan.  Yang bisa kita lakukan hanyalah berdoa dan berusaha agar jangan sampai ada lagi binatang yang punah akibat ulah tangan-tangan jahil manusia tak bertanggungjawab.  Terima kasih atas kunjungan anda di situs web ilmu pengetahuan organisasi.org yang sederhana ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Alasan Penyebab Badak Jawa Terancam Punah Selama-Lamanya"

Poskan Komentar