Apa Yang Harus Dilakukan Jika Terkena Gigitan Kucing/Monyet/Anjing Gila (Rabies)

Kalau suatu ketika secara mendadak ada hewan yang menyerang dan akhirnya kita terluka terkena gigitan gigi binatang tersebut seperti anjing, kucing, monyet atau orang kurang waras maka sebaiknya segera saja membuat vonis bahwa anda telah terkena gigitan yang mengandung virus rabies.  Rabies adalah penyakit yang mematikan jika terlambat diobati dan dapat membuat penderita menjadi gila karena takut udara, takut air, dan takut ketinggian.  Jika virus sudah sampai di otak maka si penderita bisa meninggal dunia.

Untuk pertolongan pertama pada gigitan anjing gila, kucing gila, monyet gila, atau bahkan orang gila sekalipun sebaiknya segera cuci luka bekas gigitan binatang berrabies tersebut dengan air bersih mengalir dan sabun / deterjen.  Cucilah bagian yang terluka dengan air mengalir selama kurang lebih sepuluh menit sampai bersih benar.  Kemudian beri alkohol 70% agar kuman-kuman penyakit rabies bisa dinonaktifkan sesegera mungkin dan tidak menyebar dalam jumlah besar ke seluruh tubuh kita. Setelah itu segera ke dokter atau rumahsakit / puskesmas untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut hingga tuntas. Jika yang kena gigitan adalah binatang peliharaan kita, maka bawa ke dokter hewan untuk mendapat pertolongan, agar hewan peliharaan kita tidak terkontaminasi virus rabies lebih lanjut.

Jika anda terkena gigitan anjing, maka anda berarti sudah terkena najis tingkat tinggi dari air liur anjing yang mengenai bagian tubuh anda.  Untuk menetralisir najis besar tersebut anda harus mencucinya sebanyak tujuh kali.  Satu kali dengan dicampur tanah dan yang enam kali dengan menggunakan air.  Pastikan air yang digunakan untuk mencuci najis adalah air yang suci dan mensucikan sesuai ajaran agama islam.  Sebaiknya cucian pertama dilakukan dengan dicampur tanah yang bersih agar sisa cucian yang dilakukan dapat digunakan juga sebagai pembilas kotoran yang menempel dari campuran tanah tadi.  Kenapa harus disucikan dengan cara ini?  Karena ada yang mengatakan bahwa berbagai kuman penyakit dapat dinetralisir dengan cara ini dan mungkin juga bisa untuk menetralisir kuman rabies yang terbawa dari gigitan anjing gila.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Apa Yang Harus Dilakukan Jika Terkena Gigitan Kucing/Monyet/Anjing Gila (Rabies)"

Posting Komentar