Berbagai Benda/Barang Yang Ada di Dalam Kelas Sekolah (Inventaris dan Swadaya)

Setiap sekolah biasanya punya ruang-ruang kelas tempat para siswa belajar dan tempat para guru mengajar sehingga tercipta suatu kegiatan belajar mengajar antara guru dengan para murid.  Di dalam kelas terdapat benda-benda umum termasuk di antaranya adalah barang-barang inventaris milik sekolah.  Berbagai barang yang ada di kelas bisa berasal dari pembelian pihak sekolah, pemberian dari instansi luar sekolah, maupun dari sumbangan sukarela para orangtua atau murid sekolah

Berikut ini adalah benda-benda yang umumnya terdapat pada ruangan kelas di sekolah :

1. Bangku (bangku murid dan bangku guru)
2. Meja (meja murid dan meja guru)
3. Papan Tulis (papan tulis kapur, white board, dll)
4. Alat Tulis Papan Tulis (kapur, spidol white board, penghapus, dll)
5. Bingkai Foto Presiden dan Wakil Presiden
6. Lemari atau Filing Cabinet
7. Peralatan Kebersihan (sapu, pengki, pel, lap, kemoceng, dll)
8. Dispenser Air Galon (biasanya swadaya siswa siswi)
9. Pajangan Kelas (vas bunga, lukisan, jadwal piket, dll)
10. Pijakan Papan Tulis (untuk anak-anak)

Selain mengandalkan sekolah untuk berbagai pengadaan barang-barang kelas, para murid penghuni tetap kelas juga bisa mengadakan barang-barang kebutuhan kelasnya sendiri yang dirasa perlu (swadaya) atas seizin wali kelas serta pengadaannya berasal dari hasil iuran sukarela para murid penghuhi kelas.  Tidak menutup kemungkinan sekolah menerima hibah berbagai barang inventaris, barang pakai habis dan barang-barang lainnya dari donatur yang tinggal di sekitar sekolah maupun yang jauh dari sekolah.

Daftar barang-barang yang ada di dalam kelas hendaknya dibuat daftarnya secara tertulis, lalu kemudian dipajang di dalam kelas di dalam bingkai maupun di dalam plastik laminating agar tidak mudah rusak.  Semua barang-barang milik kelas tersebut dijaga baik-baik oleh seluruh penghuni kelas pada khususnya dan seluruh warga sekolah pada umumnya demi kelancaran kegiatan belajar mengajar di dalam kelas antara guru dan murid.  Tanpa adanya barang-barang tersebut, maka akan terasa sulit untuk mendapatkan kenyamanan dan kelancaran dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari di dalam kelas.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Berbagai Benda/Barang Yang Ada di Dalam Kelas Sekolah (Inventaris dan Swadaya)"

Posting Komentar