Arti Dosis/Takaran Obat Sendok Makan dan Sendok Teh

Dalam petunjuk atau cara pemakaian obat-obatan cair yang dikonsumsi dengan cara diminum seringkali kita melihat kata-kata sendok makan dan sendok teh sebagai ukuran takaran obatnya.  Orang awam mungkin akan menganggap bahwa ukuran sendok makan dan sendok teh yang dijadikan takaran obat adalah benar-benar menggunakan takaran sendok yang biasa digunakan sehari-hari oleh manusia.  Akan tetapi sebenarnya hal tersebut tidaklah tepat.

Arti Dosis / Takaran Sendok Makan dan Sendok Teh :

1 Sendok Makan artinya adalah 15 mililiter

1 Sendok Teh artinya adalah 5 mililiter

1 Sendok Makan sama dengan 3 Sendok Teh

2 Sendok Makan artinya adalah 30 mililiter

2 Sendok Teh artinya adalah 10 mililiter

2 Sendok Makan sama dengan 6 Sendok Teh

1/2 (setengah) Sendok Makan artinya adalah 7,5 mililiter

1/2 (setengah) Sendok Teh artinya adalah 2,5 mililiter

Berangkat dari kenyataan di atas, maka sebaiknya kita menggunakan sendok obat khusus setiap kali kita akan mengkonsumsi obat cair yang dikonsumsi dengan cara diminum.  Sendok makan dan sendok teh ada berbagai macam ragam bentuk dan ukurannya.  Tentu sendok makan yang satu dengan sendok makan yang lain berbeda takarannya sehingga kemungkinan besar kapasitas satu sendok makannya tidak lagi 15 ml lagi.

Gunakan sendok obat khusus atau takaran obat khusus seperti yang biasa kita dapatkan dari pembelian obat minum cair.  Ada yang berbentu sendok, ada yang berbentuk pipet, ada yang berbentuk cawan kecil, dan lain sebagainya.  Tentu saja kesemuanya harus memiliki tulisan takarannya secara jelas agar mudah dalam menentukan banyak sedikitnya obat cairan secara tepat.  Perlu ada batasan-batasan yang jelas dengan ukuran mililiternya sehingga obat cair yang dikonsumsi bisa ditentukan dengan tepat banyaknya saat minum obat.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Arti Dosis/Takaran Obat Sendok Makan dan Sendok Teh"

Poskan Komentar