Daftar Bahan Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Dalam Darah Manusia

Kolesterol memang sangat merepotkan dalam tubuh kita apalagi juga dampak yang ditimbulkan juga sangat berbahaya untuk tubuh. Beberapa faktor yang menyebabkan kolesterol menumpuk seperti pola makan yang tidak teratur dan sembarangan, sering mengkonsumsi makanan yang berminyak tentunya. Namun jangan khawatir karena ada beberapa makanan untuk menurunkan kolesterol. Anda dapat mengkonsumsinya setiap hari namun jangan sampai berlebihan. Makanan untuk menurunkan kolesterol tersebut ada banyak macam jenisnya yang bisa dipilih dan disesuaikan sesuai dengan selera kita masing-masing.

Daftar Bahan Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Pada Darah Seseorang :

1. Menurunkan Kolesterol dengan Makan Buah Anggur Merah

Anggur merah merupakan salah satu makanan untuk menurunkan kolesterol. Dari study Spanyol The Department of Metabolysm yang telah melakukan penelitian terhadap bahan ini, dan hasilnya buah anggur dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sampai 9-12%. Jadi jangan heran jika mengkonsumsi makanan ini dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

2. Menurunkan Kolesterol dengan Makan Ikan-Ikanan

Ikan laut juga dapat menurunkan kolesterol jahat karena mengandung omega 3. Ikan laut seperti sarden, tuna dan salmon mempercepat penurunan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung dari pembekuan darah.

3. Menurunkan Kolesterol dengan Minum Teh Hitam

Teh hitam itu sendiri dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sampai 10% dalam 3 minggu jika mengkonsumsinya secara rutin. Teh hitam juga berfungsi sebagai pencegah kanker dalam tubuh. Teh hitam dalam beberapa studi memang asupan makanan untuk menurunkan kolesterol.

4. Menurunkan Kolesterol dengan Makan Buah Apel

Apel merupakan buah yang sangat efektif dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat yang sangat berperan besar dalam menurunkan kolesterol jahat.

5. Menurunkan Kolesterol dengan Makan Kacang Panjang

Kacang panjang mampu menurunkan kolesterol sampai 8% hal ini dibuktikan dari penelitian di Arizona University Polytecnic. Penyerapan kolesterol jahat yang terhambat karena serat yang terkandung dalam kacang kacangan.

6. Menurunkan Kolesterol dengan Makan Buah dan Sayuran

Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran dapat menghindari dari bahaya kolesterol, beberapa sayuran dan buah sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh seperti blueberry, jambu biji, mangga, labu, bayam, dll

7. Menurunkan Kolesterol dengan Makan Kedelai

Kedelai atau olahan yang terbuat dari kedelai juga sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Terbukti dari 2 setengah cangkir susu kedelai dapat menurunkan kolesterol jahat sampai 5-6%.

8. Menurunkan Kolesterol dengan Buah Zaitun

Buah zaitun memang paling banyak digunakan sebagai bahan campuran untuk masakan mediteranian. Kadar zaitun hydroxytyrosol yang mampu menurunkan kolesterol jahat tanpa mengurangi lemak yang baik lainnya

9. Menurunkan Kolesterol dengan Makan Bawang Putih

Bawang putih salah satu penurun yang paling ampuh dari jaman dahulu sampai sekarang. Selain sebagai penurun kolesterol banyak juga khasiat yang ditawarkan oleh bawang putih ini. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal pada bahan ini saat mengkonsumsinya secara mentah dalam salad atau lainnya.

---

Yang pastinya masih ada banyak lagi bahan makanan lain yang bisa membantu manusia dalam menetralisir kadar kolesterol tinggi pada manusia.  Jika masih ada bahan makanan lain yang kira-kira perlu dimasukkan dalam daftar makanan penurun kolesterol dalam darah manusia silahkan ditambahkan melalui fitur komentar di bawah ini.  Mudah-mudahan tulisan yang sederhana tentang cara menurunkan kadar kolesterol tubuh manusia ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

+baiiput

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Daftar Bahan Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Dalam Darah Manusia"

Poskan Komentar