Arti Mimpi Seseorang / Tafsir Mimpi Manusia Islami

Mimpi adalah suatu kesadaran yang terjadi ketika seseorang sedang tidur seperti layaknya orang yang sedang tidak tidur.  Mimpi bisa bermacam-macam bantuknya.  Ada mimpi yang baik dan juga ada mimpi yang buruk.  Mimpi bisa bersumber dari Allah SWT, dari setan dan juga bisa berasal dari diri manusia itu sendiri.  Seseorang bisa sering mengalami mimpi dan bisa juga sangat jarang mengalami mimpi di kala tidur.  Sebagian manusia pun juga ada yang bisa mengatur mimpinya (mengendalikan mimpi) sendiri sesuai dengan keinginannya.

Arti dari Mimpi Manusia / Tafsir dari Mimpi Seseorang

Mimpi manusia biasa itu pada dasarnya bisa ada artinya dan bisa juga tidak ada artinya.  Namun berbeda halnya jika mimpi tersebut terjadi pada seorang nabi.  Mimpi yang baik mungkin bisa menjadi suatu pertanda tertentu selama mimpi tersebut adalam mimpi yang baik.  Mimpi buruk sudah pasti tidak ada artinya sama sekali karena sumber mimpi tersebut berasal dari setan yang terkutuk.  Setan adalah musuh yang nyata namun tidak kelihatan oleh mata manusia.

Orang yang sedang bermimpi adalah orang yang sedang dalam keadaan tidak sadarkan diri.  Mimpi tidak perlu ditindaklanjuti dengan suatu tindakan.  Manusia hanya perlu mengikuti apa-apa yang ada di dalam Al-Qur'an dan Hadist Nabi Muhammad SAW.  Jika ada orang yang mengaku-ngaku mengetahui suatu arti dari mimpi yang kita alami, maka sebaiknya jangan dipercaya, kecuali orang tersebut adalah seorang nabi (Nabi Isa AS.).

Mimpi Baik dan Mimpi Buruk Manusia

Mimpi yang buruk asalnya dari setan.  Jika kita mimpi sesuatu yang tidak menyenangkan atau menakutkan maka mimpi tersebut didatangkan oleh setan jin.  Jika kita memimpikan sesuatu yang tidak baik maka kita disunahkan untuk meludah ke samping kiri sebanyak tiga kali, mohon perlindungan dari Allah SWT, mengubah posisi tidur, mengambil wudhu untuk sholat dan jangan menceritakan mimpi buruk tersebut kepada orang lain.

Jika mimpi kita baik maka mimpi tersebut bisa saja berasal dari Allah SWT.

Hadist-hadist tentang mimpi baik dan mimpi jelek :

“Mimpi baik itu dari Allah dan mimpi buruk itu dari syaithan. Barangsiapa mimpi sesuatu yang tidak disukainya, hendaknya ia meludah ke sebelah kirinya tiga kali dan memohon perlindungan dari syaithan. Maka mimpi itu tidak akan membahayakannya.” (HR. Al-Bukhori & Muslim)

Hadits lain tentang mimpi yang tidak menyenangkan dan yang menyenangkan :

“Mimpi itu ada tiga macam: [1] Mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah. [2] mimpi yang menakutkan atau menyedihkan, datangnya dari syaithan. [3] dan mimpi yang timbul karena ilusi angan-angan, atau khayal seseorang. Karena itu, jika kamu bermimpi yang tidak kamu senangi, bangunlah, kemudian Shalatlah, dan jangan menceritakannya kepada orang lain.” (HR. Muslim, Abû Dawud, al-Tirmidzi, Ahmad)

Mimpi Betemu Nabi Muhammad SAW.

Ada suatu hadist shahih tentang mimpi yang menerangkan bahwa :

"Barang siapa melihatku dalam mimpi, maka dia benar-benar telah melihatku. Sesungguhnya setan tidak dapat menjelma sepertiku." (Shahih Muslim No.4206)

Namun masalahnya kita yang hidup di zaman sekarang ini tidak pernah tahu bagaimana rupa Rasulullah SAW. sehingga kita sebaiknya waspada jika dalam mimpi kita ada yang mengaku sebagai Nabi.  Setan jin dapat melakukan tipu dayanya kepada kita dengan menyamar sebagai orang yang kita hormati.  Sebagai umat muslim kita harus mewaspadai tipu daya setan yang menghalalkan segala cara untuk memasukkan manusia ke dalam neraka Allah SWT.

---

Itulah beberapa hal yang mendasar tentang mimpi manusia yang berdasarkan atas ajaran agama Islam.  Arti-arti mimpi atau tafsir-tafsir mimpi yang lain yang tidak sesuai dengan ajaran Agama Islam tidak boleh dipercayai dan tidak boleh ditindaklanjuti dengan perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran agama.  Ada banyak orang yang membuat pengertian mimpi atau tafsiran mimpi.  Hal tersebut sebaiknya jangan dipercaya karena itu adalah kebohongan belaka.  Suatu mimpi dapat diartikan bermacam-macam.  Jika benar terjadi pun itu hanya suatu kebetulan belaka.  Semoga kita semua mendapatkan perlindungan dari segala keburukan mimpi kita.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Arti Mimpi Seseorang / Tafsir Mimpi Manusia Islami"

Posting Komentar