Bagaimana Cara Membuat/Menjadikan Rumah Tempat Tinggal Kita Menghasilkan Uang/Duit

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa tempat tinggal atau rumah yang dimiliki dan didiaminya selama ini bisa membantu memberikan pemasukan tambahan bagi pemiliknya jika dikelola secara kreatif dan baik. Sejatinya rumah memang sebaiknya hanya untuk tempat tinggal saja tanpa ada kegiatan lain berbau komersial yang dapat mengganggu kenyamanan penghuni rumah tersebut. Akan tetapi jika kondisi perekonomian tidak mendukung, rumah pun bisa dimanfaatkan untuk mencari uang tambahan.

Bagaimana cara untuk mendapatkan uang tambahan dari berbisnis di rumah tempat tinggal kita? Mari kita simak beberapa ide kreatif yang mungkin bisa anda lakukan di rumah anda sebagai berikut ini :

1. Menyewakan Lahan

Yang paling mudah dalam mencari uang tambahan dengan tanah bangunan rumah kita adalah menyewakannya kepada orang lain. Kita bisa membangun rumah petakan lalu dikontrakkan kepada orang lain, bisa menyewakan kamar di rumah kita sebagai kos, bisa menyewakan pekarangan rumah kita untuk ditanami orang, bisa membangun kios di depan rumah kita untuk disewakan, atau bisa juga menyewakan rumah kita secara keseluruhan lalu kita kontrak rumah yang lebih murah sehingga selisihnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan keluarga.

2. Wirausaha

Tidak ada salahnya memanfaatkan sebagian atau keseluruhan tempat tinggal kita untuk kegiatan usaha pribadi seperti membuka warung, membuka tempat makan, membuka konveksi, membuka tempat pembuatan kerajinan, membuka tempat cuci sepeda motor mobil, membuka biro jasa, membuka bengkel reparasi, membuka jasa konsultan, membuka usaha katering, dan lain sebagainya.

3. Intensifikasi Hobi yang Menghasilkan Uang

Kalau kita hobi berkebun kita bisa menanam berbagai tumbuh-tumbuhan yang bernilai ekonomi tinggi yang ditanam secara kreatif dan intensif di lahan kosong di sekitar rumah, di atap rumah, di pagar, di plafon rumah, atau bahkan di dalam rumah sekalipun. Selain itu bisa juga mengeseriuskan hobi memelihara binatang dengan mengintensifkan pemeliharaan hewan-hewan peliharaan bernilai ekonomi tinggi seperti ikan hias, kucing peliharaan, reptil mahal, dan lain-lain. Bisa juga mengembangkan hobi menjahit dengan mencoba menciptakan sesuatu yang baru dan kemudian coba ditawarkan kepada orang lain untuk melihat reaksinya sebagai dasar layak diproduksi dan dijual masal atau tidak.

4. Membuka Kelas Belajar

Jika ada ruangan yang luas kita bisa manfaatkan untuk dijadikan ruangan kelas belajar. Tinggal kita upgrade diri kita dengan ilmu sebanyak-banyaknya dari banyak sumber seperti ikut kursus, belajar di internet, baca buku, dan lain-lain. Setelah menguasai suatu ilmu dengan baik dan ada bakat untuk mengajar maka bukalah kelas di rumah dengan target tetangga. Yang paling menjanjikan adalah dengan membuka bimbingan belajar untuk anak-anak dan remaja. Bisa juga untuk kursus keterampilan dasar lainnya seperti ilmu agama, ilmu komputer it, ilmu memasak, ilmu menjahit, dan lain-lain.

5. Membuka Tambang Emas

Tambang emas di sini bukan berarti tambang sungguhan, namun hanya istilah saja. Tambang emas di sini artinya usaha yang mengandalkan kebaikan alam seperti membuka rumah untuk sarang burung walet. Sarang burung walet yang harganya sangat mahal bisa dibangun di rumah yang berada di wilayah yang banyak burung waletnya. Yang jelas kita harus mengikuti ilmu pengelolaan sarang walet yang benar agar bisa menghasilkan secara maksimal.

----

Masih ada banyak lagi ide-ide usaha di rumah yang mungkin bisa dikembangkan di rumah anda. Tinggal anda riset sendiri kira-kira usaha atau bisnis apa yang bisa memberi penghasilan tambahan bagi anda sekeluarga. Jika anda menemukan usaha lain yang mungkin bisa dikerjakan dari rumah berbagi dengan kami semua lewat fitur komentar di bawah ini. Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Bagaimana Cara Membuat/Menjadikan Rumah Tempat Tinggal Kita Menghasilkan Uang/Duit"

Posting Komentar