Beberapa Kekurangan / Kelemahan Manusia Secara Umum

Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang mempunyai berbagai kelemahan.  Sampai-sampai Tuhan kita Allah SWT pun menurunkan ayat-ayat yang mengisyaratkan bahwa manusia adalah makhluk ciptaanNya yang memang sengaja diciptakan memiliki berbagai kekurangan.  Walaupun manusia diciptakan dalam bentuk yang sebaik-baiknya dan dalam bentuk yang sempurna namun tetap memiliki kelemahan yang mendasar sebagai bentuk ujian manusia ketika hidup di dunia yang fana.

Dasar Dalil Tentang Kelemahan / Kekurangan Manusia dalam Al-Quran

1. Terjemahan Al-Qur'an QS. An-Ma’arij ayat 19 :
"Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir."

2. Terjemahan Al-Qur'an QS. An-Ahzab ayat 72 :
“... sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.”

3. Terjemahan Al-Qur'an QS. An-Nisaa’ ayat 28 :
“Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, dan manusia dijadikan bersifat lemah.”

Beberapa Bentuk Kelemahan Manusia yang Hidup di Dunia Pada Umumnya :

1. Bodoh
2. Zalim
3. Kikir
4. Mengeluh
5. Lemah

Secara umum kita manusia adalah makhluk yang bodoh karena tahu kebenaran namun enggan untuk menjalankannya.  Manusia zalim karena cenderung membinasakan diri sendiri serta mencari kesenangan tanpa mempedulikan nasib orang lain.  Manusia kikir karena suka menimbun harta serta malas untuk menafkahkan hartanya di jalan Allah SWT.  Manusia berkeluh kesah ketika berhadapan dengan kesulitan namun tidak halnya jika mendapatkan kenikmatan.  Manusia adalah makhluk yang lemah karena penuh dengan keterbatasan kemampuan serta mudah meninggal dunia (mati) hanya dengan berbagai hal sepele nan mematikan.

Dari kutipan terjemahan ayat-ayat di atas maka dapat kita simpulkan bahwa manusia memanglah diberikan kelemahan yang mendasar.  Allah SWT memberikan kita kekurangan agar kita tidak sombong sehingga kita bisa sadar bahwa diri kita lemah dan kecil di hadapan Allah SWT.  Tidak sepantasnya kita menyombongkan diri kita sendiri di hadapan orang lain karena merasa memiliki berbagai kelebihan strategis yang tidak dimiliki oleh kebanyakan orang.  Semoga bermanfaat bagi kita semua, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Beberapa Kekurangan / Kelemahan Manusia Secara Umum"

Poskan Komentar