Cara Istirahat Pada Manusia Saat Capek dan Lelah

Bagaimana pun juga manusia adalah makhluk biasa yang penuh keterbatasan.  Secara umum manusia bukanlah makhluk super yang kuat tidak tidur berhari-hari dan sanggup bekerja tanpa henti seharian.  Dengan adanya batasan kemampuan fisik pada tubuh manusia membuat manusia harus berhenti dari aktivitasnya untuk memulihkan tenaga yang hilang serta untuk menenangkan kondisi mental yang lelah.

Jika manusia bekerja melakukan aktivitasnya secara terus-menerus maka kemungkinan yang bisa terjadi adalah kematian.  Kita pasti ingat apa yang terjadi di masa penjajahan negara kita Indonesia di masa lalu.  Ada banyak orang yang dipaksa bekerja sebagai budak penjajah yang dipaksa untuk bekerja terus sehingga banyak yang gugur alias meninggal dunia.  Sering pula kita mendengar orang yang main game online berhari-hari akhirnya ambruk meregang nyawa karena kurang istirahat.

Beberapa Cara yang Dilakukan Manusia untuk Mengistirahatkan Badan dan Psikisnya :

1. Berhenti Rehat Sejenak 

Ketika sedang penat-penatnya bekerja seseorang bisa menghentikan sejanak aktivitas bekerjanya agar rasa lelah yang muncul bisa berkurang.  Lebih asyik lagi jika dilakukan sambil ngobrol dengan teman rekan sekerja sehingga beban mental yang tinggi bisa berkurang.

2. Duduk Santai

Untuk mengurangi rasa capek saat bekerja maka yang biasanya dilakukan orang adalah duduk.  Apabila tidak ada tempat duduk maka bisa lesehan di lantai atau bisa juga jongkok jika tidak ada alas duduk yang bersih.

3. Merebahkan Tubuh

Jika seseorang terlalu merasa capek, letih dan lelah maka orang tersebut bisa saja merebahkan badannya untuk tidur-tiduran tanpa tidur untuk sekedar melemaskan otot-otot pada seluruh tubuhnya.  Namun perebahan tubuh membutuhkan ruang yang cukup dan bersih ketika melakukannya agar perebahan tubuh bisa memberikan manfaat yang optimal.

4. Tidur

Cara yang paling ampuh untuk menghilangkan segala bentuk kelelahan pada jasmani dan rohani seseorang adalah dengan cara tidur yang cukup.  Manusia normal biasanya melakukan aktivitas tidur setidak-tidaknya satu kali dalam sehari.  Biasanya setelah bangun tidur seseorang akan merasa segar dan siap kembali untuk beraktivitas.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Istirahat Pada Manusia Saat Capek dan Lelah"

Poskan Komentar