Belajar Wirausaha/Berbisnis Sejak Kecil Pintu Sukses Masa Depan

Sebenarnya apa tujuan kita sekolah?  Pada umumnya orangtua menyekolahkan anak-anaknya di sekolah dan di kampus agar kelak anaknya mendapatkan pekerjaan yang baik sehingga dapat hidup mapan dan mandiri.  Kepintaran dan kecerdasan memang sesuatu yang sudah pasti diperoleh ketika seseorang mencapai taraf kemandirian dan kemapanan dalam hidupnya.  Setiap orang tua menginginkan agar anaknya bisa hidup lebih baik dari dirinya saat anaknya tumbuh besar menjadi dewasa kelak.

Permasalahan yang terjadi adalah di mana sekolah tidak mengajarkan kewirausahaan secara intensif.  Dengan demikian kebanyakan para pelajar siswa siswi sekolah tidak memiliki bayangan mengenai cara berbisnis yang baik dan benar yang disesuaikan dengan minat, bakat, kreativitas dan inovasi yang mereka miliki.  Apa yang diajarkan di bangku sekolah dan di bangku kuliah rata-rata hanya bersifat teoritis saja.  Padahal untuk mempelajari usaha atau bisnis diperlukan jam terbang tinggi dalam hal praktek serta pengalaman yang cukup banyak sebagai bekal dalam memulai bisnis di kemudian hari.

Saat ini banyak orang yang berpandangan sempit bahwa setelah lulus sekolah atau lulus kuliah maka langkah selanjutnya adalah bekerja di kantor atau perusahaan yang memberikan penghasilan yang besar.  Sebenarnya tidak harus demikian.  Setiap orang bisa memulai usahanya masing-masing baik seorang sendiri maupun bersama-sama dengan orang lain tanpa harus lulus sekolah atau lulus kuliah terlebih dahulu.  Bahkan berwirausaha pun dapat dikerjakan bersamaan dengan kegiatan menuntut ilmu.  Sekolah serta kuliah sebagai sarana menuntut ilmu dapat dilakukan di waktu-waktu yang tidak mengganggu kegiatan usaha atau bisnis.

Jika seseorang menjadi pegawai atau karyawan, maka orang tersebut memiliki penghasilan yang umumnya terbatas.  Akan tetapi apabila seseorang menjadi seorang pengusaha maka orang tersebut bisa mempunyai penghasilan yang tidak terbatas, namun semua itu tergantung dari banyak faktor.  Seseorang bisa menjadi pekerja di suatu perusahaan milik orang lain sekaligus menjadi pengusaha di usaha miliknya sendiri dalam waktu yang bersamaan.  Oleh para orangtua harus sejak dini mengajarkan anak-anaknya untuk berwirausaha atau berwiraswasta demi kebaikan anak-anaknya di masa mendatang.

Bila perlu orangtua sejak dini membuka usaha kecil atau menengah agar anak-anaknya bisa turut belajar secara langsung.  Atau mencari pihak lain yang bisa memberikan ilmu pengetahuan dan wawasan di bidang kewirausahaan seperti tempat kursus kewiraan, tempat magang di perusahaan, tempat usaha milik kenalan, dan lain sebagainya.  Selain itu anak juga perlu diberikan dorongan dan prospek mengenai dunia wirausaha agar memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk berwirausaha.  Berikan gambaran pula bagaimana mengelola dana modal yang kecil agar bisa menjadi berlipat ganda dalam usaha-usaha potensial.  Dengan demikian anak-anak akan terpacu untuk menjadi pengusaha walaupun harus dimulai sebagai karyawan terlebih dahulu.  Mudah-mudahan anak-anak kita nantinya dapat menjadi pengusaha yang sukses di kemudian hari dengan didukung dengan kecerdasan, kreativitas, inovasi, keimanan, ketakwaan, kepedulian sosial, dan lain sebagainya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Belajar Wirausaha/Berbisnis Sejak Kecil Pintu Sukses Masa Depan"

Posting Komentar