Makan Makanan Kadaluwarsa dan Minum Minuman Kedaluwarsa Apa Boleh?

Siapa bilang kita tidak boleh makan makanan yang sudah kadaluarsa serta minum minuman yang sudah kadaluarsa?  Menurut saya kita sebenarnya boleh-boleh saja mengkonsumsi makanan dan minuman yang sudah kedaluarsa lewat dari tanggal batas pemakaian yang tertera pada bungkus makanan dan minuman yang melindungi makanan.  Kenapa bisa begitu?  Karena makanan dan minuman yang telah melewati batas tanggal kedaluwarsa belum tentu basi atau tidak layak dikonsumsi manusia.

Tanggal kedaluarsa yang tercetak di kemasan makanan dan minuman adalah tanggal batas konsumsi produk tersebut.  Tanggal kadaluarsa biasanya ditulis dengan kata "baik sebelum", "exp", "best before", dan lain sebagainya.  Dengan adanya tanggal kadaluwarsa berarti produsen, pembuat atau pabrik makanan dan minuman menjamin sepenuhnya kualitas produk makanan minuman yang dijualnya kepada konsumen.  Tentu saja jaminan hanya berlaku apabila kemasan masih dalam keadaan baik serta tidak melakukan hal-hal yang dilarang pada umumnya.

Seperti halnya makanan dan minuman buatan rumah.  Makanan dan minuman dalam kemasan yang memiliki tanggal kedaluarsa juga bisa basi tidak layak konsumsi apabila terjadi perubahan bentuk, warna, rasa, dan bau / aroma yang cukup mencolok berbeda dari biasanya.  Sedangkan minuman dan makanan yang sudah memasuki masa kadaluwarsa belum tentu tidak layak dikonsumsi apabila kondisinya masih baik.  Pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi makanan minuman tersebut masih normal dengan memperhatikan berbagai faktor seperti rasa, aroma, bentuk, warna dan lain sebagainya.  Jika semuanya masih baik, maka berarti produk tersebut masih boleh dikonsumsi namun tidak dijamin keamanannya oleh pihak yang memproduksi produk makanan atau minuman tersebut.  Pastikan pula tanggal kadaluarsanya tidak terlalu jauh dari tanggal konsumsi.

Semua resiko dari memakan makanan atau minuman kadaluwarsa adalah sepenuhnya ditanggung oleh orang yang mengkonsumsinya.  Jika tidak terpaksa sekali alangkah baiknya apabila tidak mengkonsumsi makanan minuman yang sudah lewat batas waktu konsumsinya.  Tentunya, mencegah lebih baik daripada mengobati.  Oleh sebab itu belilah makanan dengan mengecek tanggal kedaluwarsanya terlebih dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada orang yang mengkonsumsinya.  Jangan sekali-kali memakan makanan dan meminum minuman yang sudah benar-benar kadaluarsa, baik secara tanggal maupun secara fisiknya demi kesehatan kita yang berharga ini.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Makan Makanan Kadaluwarsa dan Minum Minuman Kedaluwarsa Apa Boleh?"

Poskan Komentar