Tanda Awal, Ciri, Gejala Penyakit Alzheimer (Pikun) Pada Manusia

Alzheimer adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya timbunan atau plak protein pada otak yang ada di kepala manusia.  Timbunan tersebut dapat menyebabkan kematian sel-sel otak sehingga penderita alzheimer akan mengalami berbagai gangguan otak seperti gangguan ingatan, disorientesi, perubahan karakter, kesulitan berbicara, kesulitan membaca, kesulitan menulis, dan lain sebagainya.  Penyakit alzheimer merupakan bentuk umum dari penyakit demensia.  Terdapat jutaan orang di seluruh dunia mengidap penyakit alzheimer.

Beberapa Tanda-Tanda / Ciri-Ciri / Gejala Penyakit Alzheimer / Penyakit Pikun :

1. Gangguan Ingatan / Memori

Gejala awal dari penyakit alzheimer adalah suka mengulang-ulang kata atau pun pertanyaan yang sama.  Penderita lupa bahwa ia telah mengucapkan sesuatu kepada orang lain sehingga diulanginya kembali hal yang sama kepada orang yang sama.  Selain itu seseorang yang mengalami gejala awal alzheimer sering lupa akan janji yang telah dibuatnya sehingga dapat menimbulkan masalah dengan orang yang ada di sekitarnya.  Gejala yang paling parah adalah di mana seseorang yang menderita alzheimer bisa lupa akan nama anggota keluarga yang sering ditemui serta nama benda yang sering digunakan dalam kehidupannya sehari-hari.

2. Disorientasi

Orang yang menderita penyakit alzheimer dapat mudah lupa akan hari dan tanggal yang sedang berjalan.  Tanggal-tanggal penting yang berhubungan dengan penderita seperti tanggal lahir dan tanggal menikah pun mungkin bisa juga terlupakan begitu saja.  Penderita Al-zheimer bisa dengan mudah tersesat di tempat-tempat yang sudah sering ia lalui tanpa masalah apa pun sehingga sangat membuat khawatir anggota keluarganya.

3. Masalah Bicara dan Menulis

Pada mulanya mungkin seseorang yang mengidap penyakit alzheimer akan mengalami kesulitan ketika ingin menemukan kata yang tepat untuk mendeskripsikan suatu objek, mengemukakan suatu pandangan, ikut serta dalam suatu pembicaraan, dan lain sebagainya.  Lama-kelamaan penyakit alzhiemer dapat membuat penderitanya menjadi lebih parah, yaitu di mana seorang penderita akan mengalami kesulitan dalam hal membaca dan menulis.

4. Perubahan Sifat dan Perilaku

Orang yang mengalami penyakit alzheimer bisa saja berubah menjadi seseorang yang berbeda dari biasanya.  Perubahan bisa ke arah yang baik dan juga bisa ke arah yang tidak baik.  Bisa saja orang yang tadinya berperilaku buruk menjadi seseorang yang baik hati dan orang yang tadinya baik berubah menjadi orang yang perangainya sangat tidak menyenangkan bagi orang-orang yang ada di sekitarnya.

Itulah beberapa ciri tanda-tanda awal dari penyakit alzeimer pada manusia.  Mudah-mudahan kita semua bisa terhindar dari penyakit alzheimer yang cukup menyeramkan tersebut.  Semoga tulisan singkat mengenai penyakit alzheimer ini bisa memberikan manfaat kepada kita semua.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tanda Awal, Ciri, Gejala Penyakit Alzheimer (Pikun) Pada Manusia"

Poskan Komentar