Binatang Kodok/Katak Kecil yang Bisa Dilihat Isi Perutnya (Tembus Pandang)

Di berbagai belahan bumi terdapat 50 jenis sepesies katak yang bagian dalam tubuhnya tembus pandang.  Katak tersebut dinamakan katak kaca karena kulitnya yang transparan sehingga kita bisa lihat berbagai organ tubuh katak tersebut seperti jaringan pembuluh darah, sistem pencernaan, kumpulan telur pada katak betina, dan lain sebagainya.  Hal ini termasuk unik karena biasanya binatang yang punya tubuh transparan adalah hewan-hewan yang hidup di laut dalam yang sangat gelap.

Hewan katak kaca secara resmi pertama-tama ditemukan oleh manusia yaitu pada tahun 1972.  Saat ini baru sekitar 50 spesies katak kaca bertubuh transparan yang ditemukan secara resmi.  Mungkin saja di kemudian hari di masa mendatang bisa diketemukan spesies katak kaca lainnya.  Tubuh katak kaca termasuk mungil dan imut-imut karena panjang tubuhnya hanya sekitar 1,2 sampai dengan 3 inchi saja.  Kurang lebih hanya sekitar sepanjang jari orang dewasa saja.  Organ jantung kodok kaca berdetak sekitar 40 kali permenit.

Bagi orang yang suka meneliti hewan tentu saja hal ini amatlah sangat menarik karena bisa mengamati bagian dalam tubuh dari suatu hewan tanpa harus melakukan pembedahan.  Dengan demikian tidak perlu sampai membunuh hewan atau menyiksa hewan untuk sekedar melihat bagian dalam tubuhnya pada saat dalam kondisi masih hidup.  Binatang yang masih hidup tentu saja berbeda dengan binatang yang sudah mati jika dilihat organ bagian dalamnya karena yang sudah mati sudah berhenti aktivitas organ-organnya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Binatang Kodok/Katak Kecil yang Bisa Dilihat Isi Perutnya (Tembus Pandang)"

Poskan Komentar