Cairan Lendir Ingus Sangat Dibutuhkan Tubuh Walaupun Menjijikkan

Jika kita melihat ingus tentu kita akan merasa jijik walaupun ingus diri kita sendiri.  Ingus biasanya berada pada rongga hidung yang bisa keluar dalam bentuk cairan pada saat-saat tertentu.  Cairan ingus bisa muncul dalam jumlah besar ketika seseorang menderita penyakit flu atau pilek.  Pada saat pilek biasanya cairan ingus akan mengandung banyak kuman penyakit influenza yang siap menular kepada orang-orang yang berada di sekitarnya.

Salah satu fungsi atau manfaat penting dari ingus adalah menangkap dan menjerat debu kotoran serta mikroba-mikroba yang masuk ke dalam lubang hidung.  Debu dan mikroba ditahan oleh lendir ingus agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan dan penyakit pada manusia.  Jika debu dan mikroba bebas keluar masuk dalam rongga hidung manusia dikhawatirkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti alergi dan juga infeksi.  Itulah sebabnya mengapa ingus itu memiliki jasa yang sangat besar dalam membuat seseorang menjadi sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Ingus yang mengering akan berubah menjadi upil (kotoran hidung) atau kerak ingus.  Cairan ingus dan juga upil yang terlihat oleh orang lain baik secara sengaja maupun tidak sengaja tentu akan menyebabkan rasa malu pada diri seseorang.  Oleh karena itu sebaiknya kita rajin membersihkan lubang hidung kita agar upil tidak menumpuk yang akhirnya bisa muncul ke bagian lubang hidung yang bisa terlihat oleh orang lain.  Jangan sampai kita dibuat malu oleh upil dan ingus yang secara umum dianggap sebagai sesuatu yang menjijikkan oleh masyarakat.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cairan Lendir Ingus Sangat Dibutuhkan Tubuh Walaupun Menjijikkan"

Poskan Komentar