Cara Berjualan/Berdagang di Pasar Malam atau Bazar Murah

Pasar malam adalah pasar yang berpindah-pindah tempat di sekitar tempat pemukiman warga masyarakat yang berekonomi menengah ke bawah.  Pasar malam mirip dengan pasar biasa, hanya saja diselenggarakan pada sore hari menjelang malam hingga malam hari sebelum tengah malam tiba.  Bazar adalah istilah lain dari pasar malam namun waktunya tidak hanya malam saja, namum bisa di waktu lain seperti pagi hari, siang hari atau sore hari.  Istilah lain dari bazar dan pasar malam yaitu pasar kaget, bazaar, bazar kaget, pasar dadakan, dan lain sebagainya.

Apabila anda tertarik untuk berjualan di pasar malam atau bazar sebaiknya anda melakukan survey terlebih dahulu di tempat-tempat yang biasa diadakan pasar malam atau bazar tersebut.  Lihat situasi dan kondisi yang ada.  Prediksi kira-kira barang dagangan apa yang tidak banyak saingannya namun dibutuhkan oleh pengunjung yang datang berbelanja.  Lakukan survey beberapa kali mengikuti jadwal pasar malam yang telah ditentukan sehingga dapat mengetahui kondisi pengunjung pasar malam, tempat yang strategis, tingkat persaingan, harga jual suatu produk secara umum, dan lain sebagainya.

Selama survey pelajarilah juga mengenai siapa koordinator pasar malam atau bazar tersebut, biaya menjadi pedagang pasar malam, perlengkapan yang dibutuhkan dan lain-lain.  Jika perlu lakukanlah pembicaraan dengan koordinator tersebut untuk mengetahui berbagai informasi yang perlu diketahui atau belum jelas.  Jika semua sudah oke dan anda sudah memiliki barang dagangan untuk dijual serta perlengkapan peralatan yang dibutuhkan selama mengikuti kegiatan dagang di pasar malam atau bazar rakyat, maka anda sudah dapat memulai kegiatan perniagaan anda.

Jika selama survey anda hanya memprediksi kerugian, sebaiknya anda hanya berjualan di tempat-tempat tertentu saja yang kira-kira anda bisa mendapatkan keuntungan.  Jadi tidak harus berdagang setiap malam mengikuti jadwal pasar malam yang diselenggarakan oleh koordinator suatu pasar malam.  Bisa juga anda pindah ke pasar malam lain yang dikomandoi oleh koordinator lain.  Sebaiknya andalah yang menentukan jadwal kegiatan perdagangan anda sendiri.  Biaya tiap pasar malam atau bazar mungkin berbeda-beda.  Pasar kaget atau bazar kaget yang ramai mungkin mengharuskan anda membayar biaya keamanan, biaya listrik, biaya kebersihan, biaya preman, dan lain sebagainya lebih besar dari yang kurang ramai.  Selamat berjualan di pasar malam atau bazar dan semoga sukses selalu.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Berjualan/Berdagang di Pasar Malam atau Bazar Murah"

Poskan Komentar