Cara Menghilangkan Budaya Buruk/Jelek Dalam Masyarakat di Indonesia

Tidak semua budaya masyarakat yang ada di negara kita itu baik.  Sesuatu yang tidak baik jika berlangsung turun-temurun dan telah mendarah daging dalam kehidupan suatu masyarakat maka sesuatu hal yang buruk tersebut bisa dianggap sebagai sesuatu yang baik dan diterima secara luas dalam masyarakat tersebut.  Walau pun kenyataannya budaya kebiasaan masyarakat tersebut bertentangan dengan budaya bangsa yang berlaku secara umum, tetap saja pemerintah mengalami kesulitan untuk menghilangkannya secara tuntas.

Untuk menghilangkan budaya yang tidak baik dibutuhkan keseriusan masyarakat.  Ada banyak contoh kebiasaan buruk yang berlaku dalam suatu masyarakat.  Misalnya seperti budaya minuman keras, perjudian, kekerasan dalam rumah tangga, premanisme, tawuran warga, seks bebas, ketergantungan pada jin / makhluk halus, dan lain sebagainya.  Suatu kebiasaan masyarakat yang tidak baik tidak boleh dipelihara dan harus segera diluruskan demi kebaikan masyarakat itu sendiri dan masyarakat lain yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung.

Beberapa Cara Mengubah / Menghilangkan Budaya Kebiasaan Buruk / Jelek Pada Suatu Masyarakat :

1. Melakukan Sosialisasi

Pemerintah bersama-sama dengan masyarakat sekitar melalukan kegiatan penyadaran masyarakat dalam bentuk yang bersahabat.  Sosialisasi merupakan salah satu pendekatan yang terbaik sebagai upaya dasar dalam meluruskan pemahaman masyarakat yang selama itu keliru.

2. Merangkul Pemuka Masyarakat

Para pemuka masyarakat dapat dirangkul dan diajak untuk melakukan perubahan masyarakatnya ke arah yang lebih baik.  Namun sebelumnya mungkin dibutuhkan suatu pendekatan khusus dan intensif untuk mengubah pola pikir pemuka masyarakat tersebut.  Setelah pemikiran pemuka masyarat dapat disadarkan, maka barulah kerja sama memerangi budaya buruk yang berlaku dalam suatu masyarakat dapat dilakukan secara efektif.

3. Potong Generasi

Apabila kedua cara di atas belum menghasilkan sesuatu yang memuaskan maka berarti diperlukan suatu pelurusan pemahaman pada orang-orang yang masih dapat diubah pemahamannya secara luas.  Generasi muda yang masih berusia di bawah 15 tahun adalah orang-orang yang masih mungkin dapat diubah cara pandangnya.  Generasi muda dapat dipisahkan dari generasi tua dengan cara dididik di suatu tempat yang jauh dari pengaruh budaya generasi tuanya.  Dengan memadukan pendidikan modern dan juga ajaran agama, generasi muda dididik secara internsif.  Dengan demikian setelah beranjak dewasa, generasi muda dapat menjadi orang-orang yang menolak kebiasaan-kebiasaan buruk yang ada di tempat asalnya.

4. Melakukan Tindakan Tegas

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai budaya buruk dalam suatu masyarakat adalah dengan melakukan penindakan tegas.  Dengan memberlakukan hukum yang mengikat dan juga hukuman yang berat nan tegas, maka diharapkan semua anggota masyarakat dapat meninggalkan kebiasaan buruk yang selama ini dilakukan tanpa ada beban apa pun.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghilangkan Budaya Buruk/Jelek Dalam Masyarakat di Indonesia"

Poskan Komentar