Cara Memberitahu Bahaya Merokok Pada Anak-Anak dan Remaja

Merokok adalah suatu kebiasaan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya pada pelakunya.  Walaupun hampir semua orang tahu akan bahaya rokok yang mematikan, namun rokok tetap begitu saja dibiarkan dijual bebas di Indonesia.  Selain itu rokok juga tidak dilarang keras penggunaannya pada anak-anak dan remaja yang belum paham baik buruk rokok bagi kesehatannya.  Walhasil ada banyak sekali anak-anak dan remaja Indonesia yang kecanduan berat nikotin rokok.

Jika kita peduli dengan generasi muda kita maka kita harus menyelamatkan remaja dan anak-anak kita dari bahaya rokok.  Untuk melarang rokok memang sulit jika banyak anggota DPR MPR kita yang merokok dan kurang peduli akan bahaya rokok bagi bangsa dan negara kita.  Jika jalur hukum sangat sulit untuk diupayakan, maka kita bisa melalui jalan lainnya seperti melakukan pendekatan terhadap anak-anak dan remaja untuk menjelaskan berbagai dampak bahaya rokok bagi mereka.

Cara Memberitahu Bahaya Merokok Pada Anak-Anak dan Remaja :

1. Menyaksikan Cerita Korban Rokok

Jika anak-anak dan remaja tahu apa yang akan terjadi pada diri mereka kelak jika merokok mungkin mereka akan berusaha untuk tidak merokok.  Upayakan cerita pengalaman selama menjadi korban rokok berasal dari beberapa orang yang berasal dari latar belakang yang berbeda.  Lebih seram lagi jika ditampilkan korban rokok yang kondisi fisiknya terlihat parah akibat rokok.

2. Mengunjungi Pasien Rumah Sakit Akibat Merokok

Melihat orang-orang yang tergeletak tidak berdaya di rumah sakit karena merokok tentu bisa membuat anak-anak dan para remaja abg takut merokok.  Ditambah lagi dengan mengunjungi kamar mayat untuk melihat mayat-mayat yang meninggal dunia karena rokok tentu menambah rasa takut mereka untuk mencoba rokok.

3. Melihat Organ Tubuh yang Rusak Karena Rokok

Anak-anak dan para abg perlu diperlihatkan organ-organ tubuh yang rusak akibat kebiasaan merokok.  Selain itu perlihatkan juga bagian-bagian tubuh luar yang hancur akibat selalu merokok terus menerus selama bertahun-tahun agar mereka takut akan bahaya merokok yang sangat parah sekali.

4. Penjelasan Dokter tentang Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

Dokter mungkin bisa menjelaskan lebih rinci tentang efek kecanduan nikotin pada manusia dan juga bahaya racun-racun asap rokok pada tubuh manusia.  Selain itu juga perlu dijelaskan tentang disfungsi seksual dan kerusakan organ reproduksi dan janin akibat merokok.

5. Penjelasan Ulama / Ustad tentang Dosa Merokok

Di Indonesia hukum merokok memang makhruh sehingga sulit untuk melarang rokok secara agama.  Padahal di banyak negara lain rokok diharamkan secara mutlak sehingga orang yang merokok telah masuk ke dalam kategori orang yang berbuat dosa.  Sebaiknya ulama yang diundang adalah ulama yang tidak setuju dengan pembolehan merokok dengan menerangkan berbagai dalil-dalil ayat Qur'an dan Hadits.

---

Sebagian besar orangtua tidak ingin anaknya menjadi korban rokok walaupun ada orangtua yang perokok.  Merokok tidak hanya merugikan diri sendiri saja, namun juga bisa merugikan orang lain yang ada di sekitarnya.  Anak-anak dan remaja yang berhasil melewati masa muda tanpa rokok tentu akan lebih mudah menolak rokok di masa dewasa dan di masa tuanya.  Orang yang tidak merokok tentu akan lebih disayang keluarganya karena tidak bau mulut dan tidak bau asap rokok.  Tanpa rokok semua orang pun pada akhirnya akan mendapatkan kebaikannya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Memberitahu Bahaya Merokok Pada Anak-Anak dan Remaja"

Poskan Komentar