Cara Membuat Handphone/Ponsel Menjadi Anti Air/Tahan Air

Telepon seluler alias ponsel yang tidak tahan air biasanya akan rusak jika terkena air.  Air hujan, air minum, air comberan, air mata, air keringat, dan lain sebagainya mempunyai potensi yang sama dalam merusak handphone atau ponsel yang tidak didesain khusus untuk basah-basahan.  Karena secara umum ponsel yang beredar di masyarakat tidak tahan air, maka dibutuhkan tips-tips khusus untuk membersihkan handphone dari kotoran dan juga kuman, bakteri, virus, jamur, dan kawan-kawan yang hidup di handphone.

Membeli hape / ponsel yang memang anti air seperti hp yang bersertifikasi ip67 atau pun ip lainnya terkadang bukan pilihan yang tepat.  Harganya yang mahal belum tentu bersahabat dengan semua orang.  Sertifikasi ip67 juga belum tentu bisa menjamin cipratan air atau rendaman air tidak akan merusak komponen handphone maupun smartphone yang dimiliki.  Butuh perhatian ekstra saat hendak kontak dengan air untuk memastikan air tidak akan dapat memasuki celah-celah yang mungkin terbuka tanpa disadari oleh pemilik handphone dengan sertifikat anti air dan anti debu tersebut.

Melapisi Ponsel dengan Karet Pelindung

Untuk membuat sebuah ponsel tidak anti air menjadi anti air dengan cepat dan tidak memerlukan biaya besar ada beberapa hal yang perlu anda lakukan.  Caranya adalah dengan memasukkan handphone ke dalam kondom karet.  Langkah pertama adalah membeli kondom karet yang tidak ada cairan pelumasnya.  Pastikan kondom tersebut tidak ada cairan lubrikasi yang membasahinya sehingga tidak akan merusak maupun mengotori smartphone / ponsel yang dimasukkan ke dalamnya.  Setelah itu masukkan hape dan kemudian ikat di ujungnya yang terbuka agar tidak bisa kemasukan air.  Selamat mencoba dan semoga berhasil menjadikan hp anda anti air.

Teknologi Nano Coating

Cara lainnya yang lebih modern adalah dengan melapisi handphone dengan nano coating.  Nano coating adalah sesuatu yang tidak dapat bercampur dengan air layaknya air dan minyak.  Nano coating yang berbentuk cairan atau uap akan dijadikan pelapis pada bagian luar maupun bagian dalam ponsel.  Bagian komponen dan lubang pada handphone pun tidak luput dari lapisan nano coating tersebut.  Dengan begitu air tidak akan bisa membasahi apalagi merusak hape anda.  Namun teknologi ini mungkin lebih mahal dan juga sulit untuk mendapatkannya di negara kita Indonesia.

Menambahkan Casing Anti Air Khusus

Biasanya untuk handphone-handphone yang mahal dan populer di masyarakat dunia memiliki casing-casing tambahan yang kedap air.  Cukup dengan memasukkan handphone ke dalam casing hp khusus yang tahan air dengan baik dan benar, maka handphone pun akan menjadi handphone yang tangguh terhadap air.  Namun hp akan menjadi lebih tebal dan besar karena adanya penambahan case luar yang cukup tebal.  Dari segi harga memang casing anti air dirasa cukup mahal bagi kalangan menengah ke bawah.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Membuat Handphone/Ponsel Menjadi Anti Air/Tahan Air"

Poskan Komentar