Perlengkapan / Alat Tulis yang Dibawa Saat Ujian Sekolah & Kuliah

Ujian sekolah adalah saat-saat yang menegangkan bagi sebagian orang yang mengalaminya.  Ujian adalah sesuatu yang menentukan nasib kita ke depannya.  Nilai dari hasil ujian akan menentukan kelanjutan pendidikan yang sedang dijalani.  Setiap orang yang normal akan berusaha untuk melaksanakan ujian atau tes dengan baik.  Ujian biasanya diikuti oleh murid siswa pelajar sekolah, mahasiswa kampus perkuliahan, calon pegawai atau karyawan perusahaan, orang yang hendak mendapatkan surat izin mengemudi (SIM), dan lain sebagainya.

Suatu ujian tertulis biasanya dilakukan di dalam ruangan kelas dengan deretan meja dan kursi yang disusun berdasarkan pola tertentu untuk meminimalisir kecurangan yang mungkin bisa dilakukan oleh para peserta ujian.  Pelaksanaan ujian biasanya diawasi oleh pengawas ujian, baik dari pihak guru sekolah, guru sekolah lain, pemerintah, profesional, siswa atau mahasiswa senior, karyawan atau pegawai sekolah, dan lain-lain.

Untuk urusan perangkat alat tulis-menulis pada umumnya disediakan oleh pihak peserta ujian.  Masing-masing peserta ujian harus mempersiapkan peralatan ujiannya masing-masing.  Alat tulis-menulis yang dibawa juga harus dalam kondisi yang baik agar ketika digunakan saat ujian atau tes tidak mengalami gangguan atau hambatan yang berarti.  Jika seorang peserta ujian kedapatan lupa membawa alat tulis maka harus bersegera menyiapkan alat tulisnya baik dengan cara membeli maupun meminjam dari peserta ujian yang lain.

Beberapa Contoh Perlengkapan / Peralatan Tulis yang Dibawa Peserta Ujian Saat Ujian / Tes :

1. Pulpen / Ballpen Tinta Warna Hitam
2. Pensil 2B
3. Penghapus Pensil maupun Penghapus Pulpen
4. Penggaris
5. Papan Alas Menulis
6. Serutan / Rautan Pensil
7. Pensil Mekanik
8. Busur Derajat
9. Jangka
10. Hecmasin / Stepler
11. Gunting
12. Tempat Pensil / Tempat Alat-Alat Tulis

Selain ATK (alat tulis kantor) di atas, terkadang peserta ujian diperbolehkan membawa kalkulator, sempoa, alat menggambar, atau alat tulis lainnya yang tidak digunakan pada ujian tertulis pada umumnya.  Siapkanlah alat tulis jauh-jauh hari agar pada saat hari H sudah tidak perlu berjibaku dengan kesibukan-kesibukan yang tidak perlu.  Dengan demikian beberapa hari sebelum hari ujian tulis dilaksanakan dapat dipergunakan secara maksimal untuk belajar mempersiapkan diri demi mendapatkan hasil yang bagus.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Perlengkapan / Alat Tulis yang Dibawa Saat Ujian Sekolah & Kuliah"

Poskan Komentar