Resiko/Dampak Negatif Jajan Sembarangan Makanan dan Minuman

Jajan adalah suatu aktivitas membeli makanan dan atau minuman dengan tujuan untuk dikonsumsi, bukan untuk dijual kembali.  Kegiatan jajan tidak selamanya berjalan dengan baik, karena ada jajanan-jajanan yang tidak baik untuk dikonsumsi.  Efek dampak buruk dari jajan sembarangan adalah menjadi sakit karena kandungan jajanan makanan dan minuman yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.  Demi terhindar dari berbagai keburukan makanan minuman yang diedarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, hindarilah jajan sembarangan.

Beberapa Alasan Penyebab Berbahayanya Jajan Sembarangan Makanan dan Minuman :

1. Tidak Bersih / Tidak Higienis

Makanan dan minuman yang dijual di tempat-tempat umum banyak yang tidak mengindahkan aspek higienitas.  Ada banyak faktor yang menyebabkan makanan dan minuman menjadi tidak bersih sehingga kurang layak untuk dikonsumsi manusia yaitu seperti pencucian bahan makanan, situasi kondisi lingkungan penjual, proses pengolahan input menjadi output, peralatan makan minum pembeli, kebiasaan jorok sumber daya manusia, dan lain sebagainya.

2. Mengandung Zat Kimia Berbahaya

Ada penjual makanan minuman yang dengan sengaja menggunakan bahan-bahan terlarang pada makanan dan atau minuman yang dijualnya.  Ada yang menggunakan bahan pengawet bukan untuk makanan, ada yang memakai pewarna tekstil, ada yang menambahkan bahan kimia makanan secara berlebihan, dan lain sebagainya.  Di samping itu bisa juga suatu bahan kimia yang membahayakan kesehatan masuk ke dalam makanan minuman secara tidak sengaja, seperti akibat menggunakan alat memasak yang karatan, memakai gayung plastik biasa untuk mengambil air mendidih dari panci, menggunakan kemasan makanan minuman yang bukan untuk makanan dan minuman, dan lain-lain.

3. Terbuat dari Bahan-Bahan Kualitas Rendah

Mungkin saja ada bahan produksi makanan dan minuman yang sebenarnya sudah tidak layak lagi digunakan namun dipaksakan untuk dijadikan bahan pembuatan makanan dan minuman.  Tentu saja hal ini sangat membahayakan kesehatan konsumen.  Bahan-bahan yang sudah mulai membusuk terkadang dipaksakan masuk ke dalam adonan.  Ada pula yang nekat mencampur bahan-bahan yang telah kadaluarsa ke dalam adonan.  Untuk menekan harga terkadang pedagang nekat menggunakan bahan-bahan murahan yang tidak dapat dipastikan keamanannya sebagai bahan pangan.

4. Makanan Palsu dan Minuman Palsu

Tidak hanya kaset, vcd, dvd dan bd saja yang dibajak.  Makanan dan minuman pun bisa dibajak juga oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.  Makanan atau minuman palsu dibuat sedemikian rupa agar menyerupai aslinya baik dalam segi rasa, bentuk, aroma, tekstur, dan lain sebagainya.  Makanan bajakan dan minuman bajakan biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang murah agar oknum penjual makanan minuman bajakan tersebut bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Dari beberapa penjelasan di atas sudah seyogianya kita berhati-hati dan selalu waspada terhadap makanan dan minuman yang jual secara bebas di lingkungan sekitar kita.  Dengan menghindari jajanan makanan dan minuman yang membahayakan kesehatan tubuh, maka kita pun akan dapat hidup sehat bebas dari berbagai penyakit berbahaya yang selalu mengancam kita.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Resiko/Dampak Negatif Jajan Sembarangan Makanan dan Minuman"

Posting Komentar