Cara Membuat Orang Mau Naik Kendaraan Umum / Transportasi Masal

Kemacetan di kota-kota besar di Indonesia pada umumnya dipicu oleh semakin banyaknya kendaraan pribadi yang berkeliaran di jalan raya.  Ketidakseimbangan antara pertumbuhan jalan dengan pertumbuhan kendaraan bermotor menyebabkan jalan menjadi bertambah padat dari hari ke hari.  Terlebih lagi jika masih terdapat transportasi umum berkecepatan rendah yang menghambat laju kendaraan lainnya di kota besar seperti bajaj, becak, bemo, oplet, delman, odong-odong, dan lain sebagainya.

Mau tidak mau pemerintah harus mau mencari jalan keluar untuk mengatasi permasalahan kemacetan yang kian hari kian bertambah parah.  Salah satunya yaitu dengan melakukan konversi kebiasaan transportasi masyarakat, dari transportasi dengan kendaraan pribadi ke transportasi dengan kendaraan umum.  Dengan memaksa masyarakat umum untuk menggunakan kendaraan umum dapat mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang beredar di jalan raya, sehingga ruang jalan raya yang ada dapat digunakan oleh kendaraan umum secara maksimal dan bebas hambatan.

Beberapa Upaya / Cara Untuk Membuat Masyarakat Mau Menggunakan Kendaraan Umum Masal :

1. Pelarangan Kendaraan Pribadi di Waktu Khusus

Jika kendaraan pribadi dilarang melintas di jalan-jalan utama dan jalan-jalan tertentu pada jam sibuk, maka kemungkinan besar dapat membuat jalan raya menjadi sangat lenggang.  Baik mobil maupun sepeda motor harus dilarang beroperasi di jalan-jalan tertentu, kecuali untuk sekedar melintas untuk menyebrang jalan saja.  Para pengguna kendaraan pribadi mau tidak mau akan menggunakan kendaraan umum, berjalan kaki atau menggunakan sepeda, sepatu roda, skuter, skate board, dan lain sebagainya untuk sampai di tempat beraktivitas.

2. Memperbaiki Transportasi Publik

Kendaraan umum lama yang tidak nyaman harus diganti total dengan kendaraan umum baru yang jauh lebih nyaman, lebih aman, lebih teratur, lebih bersih, lebih beradab, lebih menghormati penumpang, dan lain-lain.  Jika pihak swasta tidak mampu menyediakan transportasi umum yang baik, maka pemerintahlah yang harus turun tangan.  Sistem setoran yang berlaku pada awak kendaraan umum saat ini harus dilarang total demi memperbaiki citra transportasi umum di mata masyarakat secara umum.  Sistem kerja setoran hanya membuat pelayanan terhadap penumpang kendaraan umum menjadi terbengkalai karena lebih mengutamakan keuntungan daripada kepuasan pelanggan.

3. Memberikan Prioritas Jalan Kepada Kendaraan Umum

Jika pelarangan kendaraan pribadi di waktu tertentu tidak dapat diwujudkan, maka paling tidak pemerintah harus berani membuat jalur khusus kendaraan umum lebih banyak sehingga perjalanan kendaraan umum dari suatu tempat ke tempat yang lainnya bisa berjalan dengan lancar tanpa kemacetan yang berarti.  Masyarakat yang muak dengan kemacetan pun nantinya bisa beralih menggunakan kendaraan umum yang bebas dari kemacetan yang parah.

4. Memberikan Insentif Kepada Pengguna Kendaraan Umum

Apabila sanggup, maka akan jauh lebih baik lagi jika seluruh penumpang kendaraan umum digratiskan pada jam-jam sibuk tertentu.  Hal tersebut tentu saja akan menjadi faktor yang sangat menarik bagi masyarakat.  Biaya bahan bakar kendaraan bermotor yang makin lama makin mahal akibat turunnya nilai uang secara umum (inflasi) tentu saja akan memberikan pengaruh pada pemilihan transportasi yang akan digunakan oleh orang-orang yang terbiasa menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Mengurangi Taksi dan Kendaraan Carteran di Waktu Tertentu

Taksi merupakan kendaraan umum yang memiliki sifat yang sangat mirip dengan kendaraan pribadi.  Oleh karena itu perlu diberlakukan pembatasan jumlah taksi yang beroperasi pada waktu-waktu tertentu agar dapat mengurangi kemacetan yang kerap terjadi.

Itulah beberapa hal yang dapat diterapkan untuk mengubah kebiasaan masyarakat yang tadinya terbiasa menggunakan kendaraan pribadi ke mana-mana menjadi menggunakan kendaraan umum untuk bepergian ke mana-mana secara nyaman, aman, tenang, cepat, hemat dan tepat.  Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk kita semua.  Atas segala kekurangan dan kesalahan mohon maaf.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Membuat Orang Mau Naik Kendaraan Umum / Transportasi Masal"

Posting Komentar