Daftar Cita-Cita Anak-Anak pada Profesi Pekerjaan Secara Umum

Dalam kehidupan sehari-hari di dunia ini anak-anak maupun remaja memiliki keinginan masing-masing.  Demikian pula halnya dalam urusan cita-cita, anak yang satu bisa memiliki cita-cita yang berbeda dengan anak yang lainnya.  Ketika anak-anak, memang cita-cita yang dimiliki oleh anak-anak memang belum sempurna, karena belum melihat berbagai faktor yang berpengaruh.  Faktor-faktor yang mempengaruhi terwujudnya suatu cita-cita profesi / pekerjaan antara lain seperti bakat, minat, kemampuan, fisik, budaya, hukum, agama, permodalan, dan lain sebagainya.

Minimnya wawasan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh anak-anak menyebabkan anak memiliki cita-cita yang kurang variatif.  Jika sekumpulan anak-anak ditanya mengenai cita-citanya, mungkin jawaban yang didapat dari semua anak-anak tersebut tidaklah begitu beragam.  Contoh dari cita-cita yang biasa dicita-citakan anak-anak adalah sebagaimana berikut di bawah ini.

Daftar Cita-Cita yang Biasanya Dimiliki Oleh Anak-Anak Kecil yang Belum Dewasa :

1. Dokter
2. Polisi
3. Tentara / ABRI
4. Pilot
5. Presiden / Pejabat Daerah
6. Guru / Dosen
7. Pegawai Negeri Sipil / PNS
8. Pemadam Kebakaran
9. Astronot
10. Masinis Kereta Api
11. Pengusaha / Bisnismen
12. Perawat / Suster
13. Bidan
14. Teknisi / Mekanik
15. Pembalap
16. Atlit Olahraga
17. Pengacara
18. Pelaut
19. Da'i / Ustadz
20. Artis / Seniman
21. Penyanyi
22. Pemain Film / Bintang Film
23. Tukang Masak / Koki / Chef
24. Penyiar Radio
25. Petani / Peternak Sukses
26. Wartawan
27. Pengembang Video Game / Aplikasi
28. Pegawai Kantoran / Wanita Karir
29. Seperti Papa / Mama
30. Ibu Rumah Tangga yang Baik
31. Isteri / Suami dari Orang Kaya
32. Orang Kaya

Orangtua yang baik tentu saja harus mampu memberikan bimbingan dan arahan terhadap cita-cita yang dimiliki oleh anak-anaknya.  Jangan sampai anak-anak memiliki cita-cita yang tidak baik seperti ingin menjadi preman, penjahat, pengedar narkoba, koruptor, pengemis, penjajah, tukang beling, pedagang asongan, dan lain sebagainya.  Selain bimbingan berikanlah juga berbagai bekal dalam bentuk ilmu dan pengalaman agar anak dapat mengembangkan dirinya ketika menginjak usia baligh.  Dengan demikian anak akan dapat menyesuaikan dirinya dengan situasi dan kondisi yang ada di masa depannya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Daftar Cita-Cita Anak-Anak pada Profesi Pekerjaan Secara Umum"

Poskan Komentar