Cara Memperbaiki Pelayanan Umum Pemerintah dengan Ilmu Calo

Pelayanan umum dari pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia memang kerap begitu menjengkelkan menurut opini sebagaian masyarakat yang berkepentingan.  Berbagai kekesalan, kejengkelan, kekecewaan, omongan miring, cacian, makian dan sumpah serapah mungkin sudah sering terucap dari orang-orang yang sudah pernah mengurus sesuatu di suatu tempat pelayanan umum.

Sebenarnya untuk melakukan perubahan pelayanan umum pemerintah ke arah yang lebih baik itu tidaklah sulit untuk dilakukan.  Pemerintah cukup berkaca dari pelayanannya yang diberikan saat ini lalu membandingkannya dengan layanan prima yang diberikan oleh para calo.  Cari tahu mengapa masyarakat lebih suka menggunakan jasa calo daripada datang langsung ke tempat-tempat pelayanan umum pemerintah.  Tentu ada banyak alasan penyebab yang menjadi latar belakang masalah tersebut.

Beberapa Alasan Penyebab Masyarakat Menggunakan Jasa Calo untuk Mengurus Sesuatu :

1. Relatif lebih cepat dan lebih profesional cara kerjanya

2. Tidak perlu datang ke tempat pelayanan umum yang menghabiskan banyak waktu

3. Tidak butuh banyak berpikir untuk penyelesaian urusan dari awal hingga akhir

4. Berada dekat dengan masyarakat yang membutuhkan

5. Biaya yang relatif terjangkau bagi masyarakat umum

Dari beberapa fakta kenyataan di atas maka sudah selayaknya pemerintah melakukan pengkajian ulang terhadap pos-pos pelayanan umum yang masih banyak persepsi negatif dari masyarakat.  Sebisa mungkin pos-pos pelayanan umum mengikuti keinginan masyarakat yang dinamis yang selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu.  Berikan kemudahan semudah mungkin agar masyarakat mau mengurus urusannya sendiri tanpa bantuan dari calo atau perantara.

Jika pemerintah memberikan pelayanan prima yang maksimal kepada masyarakat tentu masyarakat bisa berhenti menggunakan jasa para calo pengurusan sesuatu di tempat-tempat palayanan umum milik pemerintah.  Karena pada dasarnya calo hadir karena masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dan kepraktisan yang tinggi dibandingkan dengan mengurus sendiri urusannya yang bisa memakan banyak waktu, tenaga, biaya, pikiran, perasaan, dan lain sebagainya.  Jika pelayanan pemerintah bisa lebih baik dari calo, maka kemungkinan besar masyarakat akan lebih memilih pemerintah daripada calo.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Memperbaiki Pelayanan Umum Pemerintah dengan Ilmu Calo"

Posting Komentar