Cara Mendatangkan Orang yang Jarang Sholat ke Masjid / Musholla

Membuat orang yang tadinya jarang ke masjid menjadi sering ke masjid untuk beribadah adalah suatu usaha dakwah yang sebaiknya dilakukan oleh setiap orang Islam.  Walau pun bukan hal yang mudah, namun hal tersebut bukan sesuatu hal yang mustahil dilakukan.  Dengan melakukan pendekatan agama yang tepat, maka orang yang tadinya malas beribadah bisa berubah menjadi orang yang senang beribadah sesuai ajaran Islam yang baik dan benar.  Mudah-mudahan yang laki-laki jadi mau sering sholat wajib di masjid dan yang perempuan menjadi rajin sholat di rumah.

Tips Cara Mengundang / Mendatangkan Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu Jarang Solat ke Masjid :

1. Mengadakan Program Padat Karya Islami

Menurut saya bukan sesuatu hal yang dilarang membuat usaha padat karya di masjid.  Asalkan usaha padat karya tersebut dibumbui dengan bimbingan islami bagi seluruh pesertanya.  Contonya seperti masjid membuat bidang kesejahteraan masyarakat pada struktur organisasi DKM masjid yang salah satu agenda utamanya adalah membuat usaha padat karya islami yang bisa memberikan tambahan penghasilan kepada masyarakat fakir dan miskin di sekitar masjid.  Sambil bekerja mencari nafkah, peserta akan diberikan tausiyah-taisiah agama agar untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan yang masih kurang.

2. Mengadakan Program Pelatihan Padat Manfaat

Jika mengadakan usaha peningkatan kesejahteraan sulit untuk diwujudkan di masjid atau di musholla, maka perlu diadakan program lain yang lebih mudah untuk dilaksanakan.  Salah satunya yaitu dengan mengadakan pelatihan atau kursus bagi masyarakat di sekitar masjid.  Pelatihan yang diadakan tentu harus yang menarik minat warga masyarakat sekitar dan tidak dipungut bayaran (gratis) agar banyak yang ikut serta.  Contohnya seperti pelatihan membuat membuat makanan enak, pelatihan berdagang online dan offline, pelatihan salon kecantikan islami, pelatihan kesehatan, pelatihan menjahit, pelatihan komputer, pelatihan servis handphone, pelatihan perbaikan sepeda motor, dan lain sebagainya.

3. Pemberian Insentif Setelah Acara Kegiatan

Biasanya pengajian yang menjanjikan memberikan sesuatu kepada para peserta akan diserbu oleh masyarakat golongan menengah ke bawah.  Contohnya seperti setelah acara pengajian berlangsung para peserta akan diberikan bingkisan sembako atau bingkisan menarik lainnya.  Dengan begitu maka sebagian orang-orang yang jarang datang ke masjid pun akan berusaha hadir demi mendapatkan insentif gratisan dari panitia acara.  Ketika orang yang jarang ke masjid datang, maka itulah saatnya memberikan sentuhan-sentuhan agama agar mau kembali ke jalan yang benar.

4. Mengadakan Program untuk Anak-Anak dan Remaja

Bila masjid mengadakan kegiatan bermanfaat bagi anak-anak tentu akan ada orangtua atau saudaranya yang mengantar anaknya ke masjid.  Dengan mewajibkan setiap anak diantar dan ditunggui oleh orangtuanya, maka pengurus masjid memiliki kesempatan untuk menyampaikan ajaran-ajaran agama kepada orang yang belum baik iman, takwa dan ihsannya.  Dalam satu kesempatan, maka bisa dua pihak yang diberikan pemahaman agama Islam yang baik dan benar.

---

Mendatangkan orang yang jauh dari agama ke masjid memang bukan perkara yang mudah.  Diperlukan kreativitas dalam mengundang orang-orang yang jarang sholat di masjid untuk mau datang dan mempelajari ajaran agamanya sendiri.  Di antara banyak peserta yang hadir mungkin akan ada beberapa yang akan menjadi rajin beribada di masjid atau musholla, sebagian ada yang menjadi simpatisan, dan sebagian lainnya tetap akan seperti sebelum-sebelumnya.  Yang penting kita sudah melakukan upaya kita dalam berdakwah sesuai kemampuan yang dimiliki.  Selamat berdakwah, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mendatangkan Orang yang Jarang Sholat ke Masjid / Musholla"

Poskan Komentar