Cara Menyembuhkan/Mengobati Demam (Panas) Pada Anak Kecil

Saat anak demam pasti anda akan sangat khawatir. Hal ini tentu akan sangat mengganggu dan membuat anak anda menderita. Temperatur suhu normal anak biasanya antara 36 sampai 38 derajat celsius. Jika anak anda terserang demam maka anda perlu cek menggunakan thermometer pada bagian-bagian berikut ini:
  1. Cek pada mulut apakah melebihi 37.5 derajat celsius
  2. Cek pada bagian ketiak apakah melebihi 37 derajat celsius

Demam bisa terjadi pada anak karena suhu tubuh anak meningkat sebagai respon terhadap beberapa penyakit seperti cedera, infeksi, penyakit, atau faktor lainnya. Selain itu demam juga merupakan salah satu cara perlawanan tubuh dalam membunuh kuman virus dan bakteri pengganggu. Untuk mengatasi demam pada anak anda bisa melakukan tindakan dengan obat maupun tanpa menggunakan obat sebagai berikut.

1. Cara Mengatasi Demam Tanpa Obat

Anda bisa mengompres anak anda dengan air hangat pada bagian dahi, leher, dan ketiaknya. Ketika kompres tersebut sudah agak kering, celupkan kembali dan pasang kompres lagi. Jangan menggunakan alcohol sebagai bahan untuk mengompres anak karena dapat menyebabkan keracunan alcohol dan menyebabkan intoksikasi tubuh anak anda. Jika anak merasa kedinginan berikan selimut pada tubuhnya.

Jangan memakaikan baju yang terlalu ketat karena dapat menyebabkan anak menjadi gerah. Anda bisa memberikan asupan nutrisi pada anak anda, biasanya anak anda akan menolak makanan dan minuman yang diberikan namun anda bisa menggunakan beberapa minuman yang dapat meredakan demam pada anak tersebut berupa jus, air putih, atau susu yang disukai anak anda.

2. Cara Menyembuhkan Demam dengan Obat

Anda bisa memberikan obat turun panas yang dijual di toko obat untuk anak atau bisa memberikan obat parasetamol sesuai dengan petunjuk penggunaannya. Anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter anda untuk lebih jelasnya. Tentu akan lebih baik jika pergi ke dokter terpercaya terlebih dahulu agar mendapatkan obat yang tepat bagi penyakit demam anak anda.  Jika anak anda berusia di bawah 16 tahun jangan pernah memberikan aspirin karena dapat merusak otak dan hati anak anda.

---


Beberapa cara tersebut bisa anda gunakan untuk mengatasi demam pada anak anda. Jika anak anda masih demam selama 2 hari lebih, anda wajib segera berkonsultasi dan memeriksakan kondisinya ke dokter karena ditakutkan anak anda terjangkit penyakit serius.  Sudah banyak anak kecil yang menjadi korban meninggal dunia akibat sakit panas demam yang dideritanya.  Oleh sebab itu jangan pernah meremehkan penyakit panas demam pada anak anda, karena penyakit mematikan bisa diawali dengan sakit panas.  Semoga kita semua dilindungi Allah SWT dari berbagai penyakit yang menyerang umat manusia.  Kurang lebih mohon maaf lahir dan batin, terima kasih.

+baiiput

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menyembuhkan/Mengobati Demam (Panas) Pada Anak Kecil"

Posting Komentar