Cara Mendidik Anak-Anak yang Baik dan Benar oleh Orangtua / Wali

Anak-anak adalah masa depan keturunan dan masa depan bangsa kita. Ada banyak sekali tantangan dalam mendidik anak supaya tumbuh dengan baik dan tidak menyimpang dari norma yang berlaku dalam masyarakat. Ada banyak cara mendidik anak yang baik dan benar tanpa harus mengekang anak. Jika dalam mendidik anak dilakukan terlalu mengekang maka anak akan merasa mendapat tekanan dan bisa memberontak. Berikut di bawah ini adalah cara-cara yang bisa kita coba untuk mendidik anak yang baik dan benar.

Beberapa Tips / Cara Mendidik Anak yang Baik dan Benar :

1.  Menunjukkan Sikap yang Lembut dan Tulus

Hal ini akan mendidik anak anda juga menjadi pribadi yang lembut dan tulus. Cara mendidik anak juga menjadi perhatian yang khusus karena itu sikap kita harus diperhatikan. Sikap mendidik yang lembut dan tulus juga tidak menekan anak dan hasil timbal baliknya pun akan baik untuk kita. Anda bisa mulai dengan memberikan motivasi dan dukungan saat anak anda terkena masalah di sekitarnya. Usahakan anak tetap memiliki pemikiran yang positif dan tidak menolak saran yang baik dari sekitarnya.

2.  Melakukan Hal-Hal yang Kreatif Secara Bersama

Ajari anak anda untuk bekerja secara kreatif, anda bisa membuat peraturan sederhana dimana mengasah keterampilan dan daya kreativitasnya, bisa membuat jadwal pelajaran sekolah atau tugas rumah yang bisa dikerjakan oleh anak anda. Hal tersebut disamping mengasah keterampilan juga dapat mengajarkan rasa tanggung jawab terhadap tugas.

3.  Hindari Kata “jangan”

Ada banyak pilihan kata lain selain kata tersebut. Misalnya untuk kata jangan ngambek, itu akan membuat otak anak anda memproses untuk mengambek, gunakan pilihan kata lain yang positif misalnya “ayo senyum lagi” atau kata lain yang bermaksud sama. Banya studi psikologi yang mempengaruhi tentang pilihan kata tersebut karena otak bekerja tidak mengenal kata “tidak dan jangan” alangkah baiknya mulai mengganti kata tersebut dengan kata positif lainnya.

4.  Memberikan Rasa Nyaman dan Aman


Rumah atau keluarga memang menjadi tempat yang sangat nyaman dan aman untuk anak anda. Banyak sekali hal yang terjadi pada anak anda baik dari tekanan temannya atau gurunya. Anda sebagai orang tua wajib untuk memberikan kenyamanan untuk anak anda. Hal tersebut akan mendidik anak yang baik dan benar. Jadilah orang tua yang mau mendengarkan keluh kesah anak anda dan menjadi tempat yang nyaman disaat anak terkena tekanan dari luar.

---

Itulah beberapa hal yang bisa orangtua dan wali lakukan dalam mendidik anak-anaknya.  Semoga anak-anak kita selalu diberikan perlindungan oleh Allah SWT sehingga tumbuh berkembang menjadi anak-anak yang sholeh, sehat, cerdas, kuat, mapan dan mandiri.  Anggaplah anak-anak kita sebagai teman baik sekaligus teman dekat (sahabat) kita sendiri.  Dengan begitu anak akan merasa nyaman berada di dekat orangtuanya serta tidak canggung untuk mengutarakan hal-hal yang ada di dalam isi hatinya.  Kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih.

+baiiput

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mendidik Anak-Anak yang Baik dan Benar oleh Orangtua / Wali"

Poskan Komentar