Cara Mendidik Anak Menjadi Anak Soleh Berakhlak Islami (Islam)

Anak yang shalih dan menuruti orang tua adalah anugerah tersendiri yang tidak terbayarkan dan tidak dapat dinilai dengan apa pun juga di dunia ini.  Melalui tauladan Nabi dan Rasul anda bisa mengajarkan iman dan akidah untuk anak anda.  Dalam pertumbuhannya nanti menjelang dewasa, anak-anak akan memiliki bekal keimanan dan ketakwaan serta keihsanan yang sangat kuat.  Diharapkan anak-anak kita pun nantinya mampu menghadapi cobaan dan siksaan duniawi. Untuk dapat mendidik anak dalam islam, maka ada kiat-kiat yang harus anda lakukan seperti di bawah ini.

Tips Cara Mendidik Anak Agar Manjadi Anak yang Sholeh dan Berakhlak Mulia Islami :

1. Pilih Pasangan Anda Dengan Tepat (Suami / Isteri)

Jika anda sudah serius dengan suatu hubungan apalagi ke jenjang pernikahan, anda wajib untuk mencari istri yang sholehah yang dapat mengajarkan anak nantinya sesuai dengan perintah Allah SWT. Anda bisa memohon petunjuk dan melakukan shalat istikharah agar dipertemukan dengan jodoh sesuai bimbingan Allat SWT. Istri nantinya yang akan mengurus keperluan anak dari pengelolaan keuangan sampai dalam pendidikan. Dengan istri yang sholehah dapat membuat anak anda menjadi anak yang teladan dalam ilmu agama.

Ada pepatah mengatakan bahwa akhlak anak merupakan cerminan dari ibunya, itulah kenapa anda harus mencari istri yang yang bertaqwa kepada Allah SWT.  Sebaliknya bagi yang wanita / perempuan tentu hendaknya mencari suami yang sholeh.  Jika tidak bisa mendapatkan yang sholeh atau sholehah maka carilah yang calon pendamping hidup yang baik, bertanggung jawab dan memiliki potensi yang besar untuk menjadi hamba Allah SWT yang beriman dan bertakwa.  Jika tidak menikah dengan orang sholeh atau sholehah maka anda mendapatkan kewajiban tambahan untuk mengajak serta mengajarkan isteri atau suami ke jalan yang benar.

2. Mohon Bimbingan Allah SWT

Anda bisa memohon kepada Allah SWT agar dikaruniai seorang anak yang shalih. Anak tersebut merupakan harapan dari orang tua agar menjadi pribadi yang bertaqwa dan tidak meninggalkan Allah SWT. Anak yang shalih juga akan menambah rizki tersendiri untuk keluarga.  Setelah anda meninggal dunia pun kita masih bisa mendapatkan kebaikan dari anak soleh berupa doa keselamatan bagi orangtua yang berada di alam barzah atau alam kubur.  Dengan meminta bimbingan Allah SWT maka diharapkan anda mampu mengahadapi berbagai halangan rintangan yang menghadang di saat anda mendidik anak menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

3. Mengajarkan Iman dan Akidah

Anda dapat menanamkan dan mengajarkan iman dan akidah bagi anak untuk bekal tumbuh dewasa nantinya. Iman dan akidah ini yang akan membimbing anak dalam menghadapi percobaan dan masalah yang duniawi yang sering dijumpai. Sebagai orang tua anda harus menanamkan sifat-sifat dan tauladan seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

4. Memberikan Pelajaran Tentang Agama


Dalam masa pertumbuhannya anda wajib untuk mengajarkan tentang ilmu agama. Ilmu ini yang akan menjadi bekal dan pahala berjalan anda. Sehingga ketika anak mulai bisa berdiri sendiri mempunyai kemantapan dan iman yang sangat kuat. Anda bisa mengajarinya membaca ayat Quran dan mengaji. Cara tersebut untuk mendidik anak dalam islam.  Jika anda tidak mampu mengajarkan anak perihal agama, maka anda bisa memasukkan anak ke sekolah islami atau pesantren agar pengetahuan anak bisa luas seluas-luasnya tentang ajaran agama Islam.  Tentunya harus atas kesediaan anak anda tanpa ada paksaan sedikit pun.

5. Memberikan Contoh atau Teladan yang Baik

Jika anda tidak memberikan contoh yang baik bagi anak anda, tentu sang anak bisa bingung karena ajaran dan perilaku anda tidak sesuai.  Jika anak dituntut untuk beribadah yang baik dan benar, maka anda pun juga harus mempraktekkan ibadah secara baik dan benar.  Anak-anak yang masih kecil pada umumnya senang mencontoh perbuatan orangtua dan orang-orang terdekatnya.  Itulah mengapa anda harus berupaya sekuat tenaga untuk menjadi suri teladan yang baik bagi anak-anak anda sekaligus kepada orang-orang terdekat anda.

Itulah beberapa cara yang bisa anda praktekkan kepada anak-anak anda agar kelak menjadi anak yang baik dan sholeh yang berlandaskan atas iman dan takwa kepada Allah SWT.  Semoga kita semua diberikan anak yang sholeh sholehah sesuai dengan yang kita harapkan.  Namun jika yang anda dapatkan adalah anak yang menjadi musuh anda maka jangan kaget, karena hal tersebut adalah hal yang wajar di mana akan ada anak-anak anda yang menjadi musuh diri anda sendiri.  Jika anak menjadi musuh maka jadikanlah itu sebagai ujian Allah SWT untuk anda.  Anak yang soleh dan solehah adalah anak yang sangat berharga, oleh sebab itu marilah kita perbanyak jumlah anak sholeh sholehah kita agar mendapatkan banyak kebaikan di dunia maupun di akhirat.  Terima kasih.

+baiiput

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mendidik Anak Menjadi Anak Soleh Berakhlak Islami (Islam)"

Posting Komentar