Cara Mengatasi Kelemahan / Kekurangan Diri Sendiri

Setiap manusia pasti memiliki kelemahannya masing-masing.  Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini sehingga manusia yang paling kuat sekali pun tetap ada kelemahannya.  Lemah adalah sifat manusia, karena sehebat-hebatnya manusia tetap saja tidak bisa menolak rasa sakit dan kematian.  Hanya Allah SWT yang kekal selama-lamanya, sedangkan iblis dan malaikat sekali pun bisa mati ketika hari kiamat tiba.  Yang bisa dilakukan manusia hanya berusaha mengurangi dan mengatasi kelemahan / kekurangan yang dimiliki dirinya.

Beberapa Cara Mengatasi Kelemahan / Kekurangan Diri Sendiri Pada Manusia :

1. Perbaikan Diri Sendiri

Untuk memperbaiki kelemahan atau kekurangan yang ada pada diri seseorang, maka orang tersebut sebaiknya melakukan introspeksi diri dan kemudian melakukan berbagai perbaikan diri.  Misalnya orang yang ingin bisa rajin ibadah harus mulai beribadah dari yang mudah-mudah.  Orang yang ingin bisa komputer ikut kursus komputer.  Orang yang ingin menjadi orang jujur harus mulai meninggalkan kobohongan secara total.  Dan masih banyak lagi perbaikan diri yang bisa dilakukan untuk menutupi kekurangan / kelemahan diri pada seorang manusia.

2. Meminta Bantuan Orang Lain

Jika malas untuk memperbaiki kekurangan / kelemahan diri sendiri atau tidak bisa mengatasi kelemahan walaupun sudah berusaha, maka salah satu solusi yang baik adalah meminta bantuan atau pertolongan orang lain.  Misalnya ketika ingin membangun rumah, maka kita panggil tukang bangunan.  Ketika ingin makan semur jengkol kita pergi ke restoran.  Ketika sedang sakit maka kita datang ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan.  Ketika usaha ingin berkembang maka harus merekrut pegawai atau buruh baru yang memiliki kemampuan yang mumpuni.

3. Menggunakan Teknologi yang Ada

Jika diri kita lemah dan orang lain pun juga terbatas kemampuannya, maka jalan keluar yang bisa dicapai adalah dengan memanfaatkan teknologi yang ada.  Contohnya yaitu seperti jika ingin bepergian jarak jauh maka menggunakan pesawat terbang.  Ketika ingin berkomunikasi jarak jauh maka memanfaatkan handphone.  Jika ingin melihat tulang dan anggota tubuh dalam lainnya maka bisa memfungsikan alat sinar x, ct scan, dan lain sebagainya.

4. Meminta Tolong Allah SWT

Karena segala sesuatunya harus atas seizin Allah SWT maka kita harus memohon kepadaNya agar kelemahan dan kekurangan diri kita diberikan kemudahan, keringanan, penyelesaian, dan lain sebagainya.  Sesuatu hal yang tidak mungkin sekali pun dalam dunia manusia bisa menjadi kenyataan jika Allah SWT mengizinkannya terjadi.  Menghilangkan, mengurangi dan mengatasi kelemahan atau kekurangan diri seorang manusia adalah sesuatu hal yang mudah bagi Yang Maha Pencipta.

---

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kelemahan yang terdapat di dalam diri kita.  Hanya diri kita yang paling memahami kelemahan pada diri kita sendiri.  Dengan demikian kita sebaiknya selalu melakukan perbaikan diri atas berbagai kekurangan dan kelemahan yang ada pada diri kita sendiri agar bisa menjadi manusia yang lebih baik di masa yang akan datang.  Selamat mencoba dan semoga berhasil menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengatasi Kelemahan / Kekurangan Diri Sendiri"

Poskan Komentar