Cara Menghilangkan/Mengatasi Kemacetan di Jalan Raya Akibat Banjir Besar

Banjir adalah salah satu bencana yang diturunkan oleh Allah SWT kepada manusia.  Banjir terjadi di mana-mana baik di dalam negeri maupun di luar negeri.  Banjir tidak hanya disebabkan oleh alam, namun juga akibat ulah tangan manusia yang melakukan pengrusakan lingkungan tanpa bisa mengatasi dampak-dampak yang dapat terjadi karenanya.  Walau bagaimana pun parahnya sebuah banjir, jika suatu kaum mau mengubah nasibnya yang selama ini selalu kebanjiran, pasti bisa diatasi secara tuntas.

Salah satu efek dari banjir adalah jalan raya menjadi macet parah karena terhambatnya jalur transportasi akibat banyaknya kendaraan yang memperlambat atau menghentikan laju kendaraannya demi kebaikan kendaraan yang dibawanya.  Banjir yang besar sudah pasti akan mematikan aliran kendaraan yang hendak melewatinya karena kendaraan darat berukuran kecil dan besar tidak dapat melewatinya.  Sedangkan banjir yang kecil masih dapat dilalui oleh kendaraan-kendaraan besar serta kendaraan-kendaraan kecil yang nekad melintasinya.

Membuat Jembatan Baja Bongkar Pasang Sebagai Langkah Jangka Pendek

Daripada membiarkan jalan yang tergenang air begitu saja tanpa ada langkah apa-apa alangkah baiknya apabila dibuatkan jembatan besar yang menghubungkan jalan-jalan yang dipenuhi oleh air banjiran.  Konstruksi dibuat mirip jembatan yang ditopang oleh jalan yang berada di bawahnya.  Besar jembatan harus sesuai dengan jalan yang tergenang air sehingga kendaraan bermotor dapat melaluinya dengan mudah tanpa adanya hambatan yang cukup berarti.

Yang pasti konstruksi jambatan dadakan tersebut haruslah kuat dan mudah untuk dibongkar pasang.  Jembatan bongkar pasang tersebut mesti dapat disusun sesuai dengan situasi dan kondisi medan jalan yang banjir.  Lebar, tinggi, panjang, luas, kekuatan, bentuk, penopang, dan lain sebagainya harus dapat disesuaikan dengan keadaan yang terjadi di lapangan.  Bagian-bagian jembatan harus dapat dengan mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa menggunakan alat berat.  Jembatan bongkar pasang pun harus mudah di rakit di tempat kejadian bencana banjir.  Selain itu tenaga-tenaga ahli yang akan mendesain serta memasang jembatan ketika banjir harus selalu tersedia di tiap kabupaten atau kecamatan yang ada di Indonesia.

Meninggikan Jalan Sebagai Langkah Jangka Panjang

Agar kejadian banjir memacetkan jalan raya tidak terulang kembali di masa depan, pemerintah harus meninggikan jalan-jalan yang biasa terendam banjir di musim banjir dengan ketinggian yang aman dari banjir.  Saat ini upaya peninggian jalan masih dirasa kurang entah karena dananya kurang atau karena alasan lainnya.  Pada saat banjir besar datang, maka akan ada banyak jalan yang terendam air banjiran yang bisa berlangsung selama berhari-hari sehingga akan melumpuhkan sektor transportasi darat.  Imbasnya pun juga akan terasa sampai ke masyarakat di mana harga barang merangkak naik karena kurangnya pasokan barang akibat dari truk-truk pengangkut yang tidak dapat melewati banjir.

Dengan peninggian jalan di titik-titik yang langganan terendam air banjir, maka berbagai kendaraan bermotor seperti mobil, truk, sepeda motor, sepeda, becak dan lain sebagainya dapat dengan mudah melintasi jalan tanpa adanya gangguan genangan air.  Apabila pemerintah tidak dapat menyediakan dana pembangunan jalan yang tinggi di titik langganan banjir, maka pihak-pihak non pemerintah pun seharusnya diperbolehkan untuk membangun jalan tinggi asalkan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan pemerintah.  Saya yakin pasti ada banyak pihak yang ingin bersedakah jariyah jangka panjang dalam meninggikan jalan demi kebaikan semua orang.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghilangkan/Mengatasi Kemacetan di Jalan Raya Akibat Banjir Besar"

Posting Komentar