Cara Menghilangkan/Mengurangi Nafsu Makan yang Besar

Makan dalam jumlah besar biasanya dapat menimbulkan efek negatif pada manusia.  Oleh karena itu sebaiknya seseorang tidak makan terlalu banyak dan selalu menjaga pola hidup sehatnya agar tidak terkena dampak buruk dari terlalu banyak makan.  Terlalu banyak makan bisa menyebabkan seseoang menjadi kegemukan atau obesitas.  Kegemukan adalah awal dari berbagai penyakit berbahaya pada manusia sehingga setiap orang hendaknya selalu menjaga berat tubuh ideal atau proporsionalnya.  Salah satunya yaitu dengan menurunkan atau menghilangkan nafsu makan berlebih.

Cara Menghilangkan / Mengurangi Nafsu Makan Manusia yang Besar :

1. Memperbanyak Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Jika seseorang sudah banyak makan makanan berserat tinggi biasanya akan merasa begah dan cepat kenyang dengan sedikit makan.  Jika sudah begah maka untuk makan makanan yang lebih banyak menjadi tidak semangat lagi.  Bila perlu mulailah makan dengan makanan yang kaya serat terlebih dulu dalam jumlah yang sedikit untuk meredakan rasa lapar dan rasa ingin makan yang ada dalam diri seseorang.

2. Pindah ke Daerah yang Makanannya Tidak Enak

Salah satu pemicu nafsu makan pada diri seseorang adalah keberadaan makanan-makanan enak yang ada di sekelilingnya.  Jika makanan yang disukai tidak ada dan hanya ada makanan yang kurang disukai, maka kegiatan makan sehari-hari akan berjalan dengan semangat yang rendah.  Jika semangat makan sudah rendah maka jumlah makanan yang dikonsumsi pun bisa tidak sebanyak yang sebelum-sebelumnya.

3. Memperbanyak Kegiatan yang Menyibukkan

Karena terlalu asyik menjalani aktivitas sehari-hari, seseorang bisa lupa makan dan bisa tidak merasa terlalu lapar saat kelaparan.  Apalagi kegiatan yang dilakukan begitu menyita perhatian saking asyiknya bekerja.  Makan pun bisa hanya seperlunya saja akibat ingin segera melanjutkan pekerjaan yang sedang dilakukan.

4. Banyak Minum Air Putih

Jika sistem pencernaan banyak diisi dengan air putih tentu nantinya akan meninggalkan sedikit ruang untuk makanan.  Minum air mungkin bisa membantu mengurangi nafsu makan yang tinggi walaupun tidak terlalu signifikan.  Akan tetapi minum air putih pun harus ada batasannya.  Jangan sampai minum air terlalu banyak sehingga dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

5. Melaksanakan Ibadah Puasa

Karena tidak boleh makan dan minum ketika sedang berpuasa, maka mau tidak mau seseorang harus menghilangkan dan mengurangi nafsu makan minumnya.  Tentu puasa akan menjadi batal tatkala orang yang berpuasa dengan sengaja memasukkan makanan dan minuman ke dalam mulutnya.  Dengan melakukan puasa maka seseorang menjadi lebih tahan banting terhadap godaan makanan dan minuman yang enak-enak.

6. Makan di Tempat yang Tidak Nyaman

Makanlah makanan di tempat yang sangat tidak nyaman sehingga anda anda jadi kehilangan selera makan anda.  Contohnya seperti makan di tengah kuburan seram di waktu makan malam, di dekat tempat pembuangan sampah yang sangat bau, di kamar mandi atau wc, dan lain sebagainya.

7. Selalu Menetapkan Porsi yang Pas

Ketika makanan sudah habis namun mulut rasanya masih ingin makan tentu lambat laun nafsu yang tadinya besar dan menggebu-gebu bisa hilang dengan perlahan.  Biasanya makanan butuh waktu beberapa saat setelah dimakan untuk membuat rasa lapar dan rasa ingin makan berkurang.  Dengan membatasi jumlah makanan yang tersedia untuk dikonsumsi, maka seseorang dapat terhindar dari makan berlebihan yang tidak sehat.

8. Makan Secara Pelan-Pelan

Sama halnya dengan nomor 7 (tujuh) di atas.  Makan dengan kecepatan rendah akan memberikan waktu untuk menyingkirkan rasa lapar dan nafsu ingin makan pada seseorang.  Makanan butuh waktu beberapa saat agar otak bisa menghilangkan atau mengurangi rasa lapar dan nafsu makan yang dirasakan.

9. Makan Secara Teratur

Dengan terbiasa makan dengan teratur maka seseorang bisa mengendalikan rasa lapar yang dirasakannya.  Jika rasa lapar begitu besar akibat dari menunda waktu makan maka bisa-bisa ketika makan bisa kalap dan menghabiskan banyak sekali makanan yang terhidang.  Hal ini biasanya sering terjadi ketika waktu berbuka puasa tiba.

10. Melakukan Sesuatu yang Sangat Menyenangkan

Cobalah lakukan sesuatu hal yang menyenangkan dan biasanya bisa membuat lupa waktu.  Hal ini terkadang bisa membuat seseorang lupa makan dan lupa rasa lapar yang sebelumnya terasa.  Namun jika memang sudah waktunya makan, sebaiknya jangan ditunda-tunda lagi kegiatan makan-makannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kita bersama.

---

Itulah beberapa hal yang bisa kita coba terapkan untuk menghindari berbagai hal buruk yang mungkin saja bisa terjadi jika kita makan terlalu banyak.  Dengan menurunkan dan mengontrol nafsu makan maka kita bisa lebih bijaksana dalam menentukan apa-apa saja yang boleh masuk ke dalam perut kita.  Akan tetapi jika nafsu makan terlalu kecil juga tidak baik bagi kesehatan karena bisa membuat seseorang menjadi kurang makan sehingga pada akhirnya akan mengalami kekurangan gizi.  Selamat mencoba dan semoga berhasil dengan sukses.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghilangkan/Mengurangi Nafsu Makan yang Besar"

Poskan Komentar