Cara Menghilangkan / Mengurangi Stress Pada Anak-Anak Kita

Anak-anak adalah manusia juga seperti halnya orang dewasa.  Anak-anak bisa stress jika mendapatkan beban pikiran yang terlalu berat.  Lama-kelamaan stress atau tekanan batin pada anak bisa berubah menjadi depresi.  Setiap orang tua hendaknya selalu memperhatikan kondisi fisik maupun mental dari anak-anaknya.  Anak yang terlihat sehat segar bugar belum tentu sehat secara batin.  Dengan demikian dibutuhkan berbagai usaha dari orangtua untuk mencegah maupun mengurangi stres yang diderita oleh anak-anaknya.

Tips Cara Mengatasi / Menyembuhkan Stress / Depresi Pada Anak-Anak Kita :

1. Menyekolahkan Anak di Sekolah yang Libur di Hari Sabtu dan Minggu

Ketika saya dulu sekolah saya merasa sangat lelah sekali dengan kegiatan sekolah yang hanya libur di hari minggu.  Saya harus memanfaatkan hari minggu yang singkat untuk menghilangkan kejenuhan selama bersekolah dari hari senin hingga hari sabtu.  Saya pun dulu pernah berharap agar ada perubahan kebijakan libur sekolah dengan menambah hari sabtu sebagai hari libur.  Saya yakin hal ini juga sesuatu yang dibutuhkan oleh para siswa pelajar sekolah saat ini.

2. Membantu Anak Mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah) dan Tugas Sekolah

Sekolah saja sudah cukup membuat anak lelah, apalagi jika ditambah dengan kegiatan ekstrakurikuler, bimbel (bimbingan belajar) dan kursus.  Alangkah bijaksananya jika orangtua tidak memaksakan anaknya untuk mengikuti banyak kegiatan luar sekolah serta memberikan bantuan serta bimbingan saat anak-anaknya mengerjakan tugas atau pr dari guru di sekolahnya.

3. Mempersiapkan Anak untuk Mandiri

Salah satu yang menyebabkan anak-anak merasa galau dan bersedih hati adalah tidak memiliki masa depan yang jelas.  Anak-anak dapat berpikir jauh ke depan, sehingga dapat merasa sedih ketika melihat dirinya belum dapat mandiri sedangkan dirinya harus menyelesaikan sekolah dan kuliah untuk jangka waktu yang cukup lama.  Ajarkanlah anak untuk berwirausaha ketika sudah menginjak masa baligh (15 tahun ke bawah) sehingga dapat mencari penghasilannya sendiri, mengembangkan usahanya sendiri, mempersiapkan kebutuhan hidupnya sendiri, dan lain sebagainya yang mampu menghilangkan kekhawatirannya akan ketidakjelasan masa depannya.

4. Memperkuat Keimanan dan Ketakwaan Anak

Anak yang mempercayakan hidup sepenuhnya kepada Tuhannya tidak akan mudah stress.  Hal itu disebabkan karena orang yang memiliki ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa percaya bahwa setiap segala sesuatunya adalah ujian yang harus dijalani.  Setiap segala sesuatunya pasti ada hikmah yang dapat diambil untuk bekal hidup di masa depan.  Dengan ketakwaan yang tinggi, anak dapat mewaspadai setiap hal-hal yang buruk dan mengejar setiap sesuatu yang baik bagi dirinya.  Itulah sebabnya setiap orang tua wajib untuk membekali buah hatinya dengan iman dan takwa.

5. Memberi Perhatian, Waktu, Kasih Sayang dan Bimbingan Konseling

Orangtua yang baik selalu memberikan waktu berharganya untuk anak-anaknya.  Anak-anak membutuhkan perhatian, kasih sayang, waktu dan bimbingan dari ibu dan ayahnya.  Orangtua harus berusaha menjadi orang yang terdekat dengan anak-anaknya.  Ketika anak sedang galau, gundah, gelisah, stress, depresi, dan lain sebagainya usahakan orangtua melakukan pendekatan untuk membantu mengatasi masalah yang sedang dihadapi anaknya.  Orangtua harus mengusahakan mencarikan jalan keluar terbaik atas permasalahan yang dihadapi anak-anaknya.  Bila perlu tanyakan masalah tersebut kepada orang yang ahli untuk mendapatkan petunjuk atas solusi yang sedang dicari.

Semoga tulisan sederhana mengenai cara mengatasi stress pada anak-anak ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kita semua.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghilangkan / Mengurangi Stress Pada Anak-Anak Kita"

Poskan Komentar