Cara Menghilangkan Ngantuk/Kantuk Saat Mengendarai Kendaraan Mobil / Motor

Mengendarai kendaraan bermotor adalah suatu aktivitas yang membutuhkan kesadaran dan konsentrasi yang baik.  Seseorang yang sedang mengantuk tentu tidak boleh meneruskan perjalanannya karena dikhawatirkan bisa menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya.  Seseorang yang tertidur akibat ngantuk tentu tidak akan bisa mengendalikan laju kendaraannya sebagaimana mestinya, baik sepeda motor, mobil, truk, bis, dan lain sebagainya.

Pada saat seseorang mulai mengantuk sebaiknya segera mengambil tindakan yang nyata untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan bersama.  Rasa mengantuk pada awalnya hanya mengantuk ringan, yang kemudian bisa berubah menjadi kantuk berat ketika kantuk ringan dibiarkan begitu saja tanpa melakukan suatu tindakan apa pun.  Rasa mengantuk ditandai dengan berkurangnya kesadaran dan konsentrasi dalam membawa kendaraan.  Oleh karena itu sebaiknya segera melakukan sesuatu jika merasa mulai mengantuk.

Beberapa Cara Mengatasi dan Menghilangkan Mengantuk / Kantuk Ketika Membawa Kendaraan Motor, Sepeda Motor, Dll :

1. Bertukar Posisi

Jika ada orang lain di kendaraan yang sama yang bisa membawa kendaraan maka mintalah untuk bergantian.  Dengan begitu anda bisa beristirahat untuk menghilangkan rasa kantuk yang menyerang atau bisa juga tidur jika sedang mengendarai mobil.

2. Beristirahat Sejenak

Ketika sedang mengantuk berhentilah sejenak di tempat yang baik.  Lalu kemudian melakukan rehat atau break sejenak dengan cuci mata atau cari angin di sekitar tempat tersebut.  Jika membawa motor maka bukalah jaket, helm, dan aksesoris lainnya.  Mungkin dengan cara yang demikian bisa membuat rasa ngantuk anda hilang.

3. Makan dan Minum

Minum kopi, makan permen super asem, minum minuman yang dingin menyegarkan, makan makanan pedas, dan lain sebagainya mungkin bisa membantu anda untuk tetap terjaga dan kondisi yang tidak ada rasa kantuknya.  Berhentilah sejenak di warung, kantin, super market, mini market, kedai, restoran, dan lain sebagainya untuk membeli makanan dan atau minuman yang bisa menghilangkan rasa mengantuk agar nantinya bisa melanjutkan perjalanan tanpa rasa khawatir.

4. Tidur Sejenak

Jika semua cara di atas tidak bisa dilakukan atau tidak bisa menghilangkan rasa mengantuk yang anda rasakan, maka hendaknya segera cari tempat untuk tidur.  Tidur bisa dilakukan di banyak tempat di sepanjang perjalanan anda.  Tidur bisa dilakukan di losmen, hotel, tempat parkir, masjid / musholla besar (selasar), dan lain sebagainya.

Setelah anda yakin bahwa tidak lagi merasa mengantuk maka barulah anda boleh melanjutkan perjalanan anda yang tertunda.  Semua ini sebaiknya dilakukan atas dasar keinginan yang kuat untuk menjaga keselamatan diri anda dan juga orang lain yang bersama dengan anda di dalam kendaraan serta orang lain yang ada di sekitar kita.  Semoga tulisan yang singkat dan sederhana ini bisa membawa kebaikan untuk kita semua, kurang lebih mohon maaf, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghilangkan Ngantuk/Kantuk Saat Mengendarai Kendaraan Mobil / Motor"

Poskan Komentar