Cara Mengubah Orang Jahat Menjadi Orang Baik Hati

Mengubah sikap perilaku seseorang adalah sesuatu hal yang gampang-gampang susah.  Orang jahat yang di dalam hati kecilnya sudah ada keinginan untuk berubah menjadi orang yang tidak jahat lagi tentu akan lebih mudah untuk dibimbing untuk kembali ke jalan yang lurus daripada orang yang memiliki hati penjahat tulen.  Pengubahan karakter seseorang dari yang negatif menjadi positif akan lebih mudah dilakukan melalui pendekatan agama Islam walaupun bisa juga dilakukan dengan metode lain yang lebih teoritis non agama.

Tips Cara Menjadikan Orang Jahat Kembali Menjadi Orang Baik-Baik :

1. Mengenalkan Kembali Tuhannya hingga Yakin

Setiap orang memiliki tingkat keyakinan yang berbeda-beda terhadap Allah SWT.  Ada yang sangat percaya dan mau menjalankan perintahNya dan ada pula yang sama sekali tidak percaya bahwa Tuhan itu ada.  Orang jahat biasanya cenderung memiliki keimanan yang rendah terhadap Tuhannya atau bahkan tidak punya iman sama sekali terhadap Tuhan.

Memperkenalkan kembali siapa Allah SWT adalah sesuatu hal yang penting.  Dibutuhkan penjelasan yang baik namun tidak bertele-tele tentang keberadaanNya.  Berikan logika-logika dasar yang membuktikan bahwa Allah SWT itu ada.  Mulai dari memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi hingga menunjukkan keajaiban kitab suci Al-Qur'an.  Jika dijelaskan dengan baik dan penuh dengan kesabaran Insya Allah orang yang tadinya lemah iman dapat kembali yakin tentang keberadaan AllahSWT.

2. Menjelaskan Tujuan Manusia Hidup di Dunia

Jika seseorang sudah bisa meyakini keberadaan Allah SWT maka selanjutnya adalah memberitahukan tentang tujuan hidup semua manusia yang ada di dunia ini.  Tidak lain dan tidak bukan tujuan semua orang yang dilahirkan ke dunia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT.  Setiap orang harus beribadah kepada Allah SWT dengan penuh ketaatan untuk mendapatkan Rahmat dan RidhoNya.  Ibadah dilakukan dengan melaksanakan segala perintahNya dan menjauhi laranganNya.

3. Menjelaskan Konsep Nikmat Surga dan Siksa Neraka

Setiap orang harus diberitahukan mengenai pertanggungjawaban atas apa-apa yang telah dilakukan selama hidup di dunia.  Orang yang beriman akan masuk surga dan orang yang tidak beriman kepada Allah SWT akan masuk ke dalam neraka yang kekal selama-lamanya.  Orang beriman yang banyak berbuat dosa akan masuk ke dalam neraka yang tidak kekal dan orang yang banyak berbuat kebaikan akan mendapatkan surga yang penuh dengan kenikmatan akherat,

4. Memaparkan Keunggulan Menjadi Orang Sholeh

Tidaklah cukup apabila seseorang hanya dijelaskan reward punishment apa yang akan didapat oleh manusia dari Tuhannya setelah meninggal dunia.  Kebaikan, kegunaan, manfaat, keunggulan, kehebatan dan berbagai sisi positif lainnya yang didapat di dunia dari beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dengan yang sebenar-benarnya serta kaffah pun juga harus diinformasikan secara mendetail.  Dengan demikian orang yang tadinya buta akan indahnya iman dan taqwa dapat mengetahui betapa indahnya hidup sebagai orang yang soleh dengan budi pekerti yang baik dan luhur.

5. Menjelaskan Apa yang Harus Dilakukan

Apabila seseorang sudah sangat tertarik untuk menjadi orang yang baik, maka janganlah ditunda-tunda.  Jelaskan apa-apa yang mesti dikerjakan dalam kehidupannya sehari-hari.  Usahakan untuk tidak menjelaskannya secara keseluruhan.  Lakukan secara bertahap dengan mengutamakan hal-hal yang sangat penting terlebih dahulu seperti kewajiban sholat, puasa, zakat dan pergi hari ke Baitullah jika mampu.  Tentu saja ada baiknya orang yang baru kembali menemukan imannya tersebut diajak untuk bersyahadat agar tidak ada keraguan lagi bahwa orang tersebut telah kembali ke jalan yang benar.

6. Pemberian Bimbingan yang Kontinyu / Berkesinambungan

Orang yang sudah insaf dan mendapat penjelasan tentang apa yang harus dilakukan dalam hidup ini tidak boleh dibiarkan berjalan sendirian begitu saja.  Harus ada bimbingan yang bersifat kontinyu agar tidak salah tafsir atau tidak mengikuti jalan yang sesat.  Iman merupakan sesuatu hal yang bisa naik dan juga bisa turun tergantung berbagai faktor yang dapat mempengaruhi.  Jika sudah bisa mandiri dan mapan dengan keimanan dan ketaqwaan yang mantap barulah bisa dilepas dan bahkan bisa dijadikan mentor atau pembimbing orang-orang yang belum kembali ke jalan yang benar.  Dengan begitu akan ada banyak lagi orang yang bisa menikmati manisnya iman dan takwa kepada Allah SWT.

----

Semoga saja apa-apa yang kita lakukan selalu mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.  Mudah-mudahan upaya kita dapat memberikan hasil yang sesuai harapan.  Mengubah orang yang tidak baik menjadi baik adalah sesuatu hal yang tidak mudah.  Namun segala bentuk niat dan usaha yang kita lakukan pasti akan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT baik di dunia maupun di akhirat kelak.  Atas segala bentuk kekurangan dan kesalahan serta kekhilafan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengubah Orang Jahat Menjadi Orang Baik Hati"

Poskan Komentar