Cara Menjadikan Anak Sebagai Anak yang Jujur Tidak Suka Berbohong

Setiap orang tua yang baik tentu ingin putra putrinya menjadi pribadi-pribadi yang baik.  Salah satunya adalah menjadi orang yang jujur di mana pun mereka berada.  Anak-anak yang terbiasa jujur sejak kecil tentu akan lebih mudah menjadi orang dewasa yang jujur dibandingkan dengan anak-anak yang sejak kecil sudah gemar berbohong kepada banyak orang di sekitarnya.  Anak yang jujur tentu akan mendatangkan lebih banyak peluang mendapat kepercayaan dari berbagai pihak di berbagai bidang kehidupan.

Tips Cara Menjadikan Anak Kita Sebagai Anak yang Jujur dan Benci Bohong :

1. Menjadi Contoh yang Baik Bagi Anak-Anak

Jadilah orang yang baik kapan pun dan di mana pun kita berada.  Dengan demikian kita tidak perlu lagi pura-pura menjadi orang yang baik ketika di depan anak-anak kita sendiri untuk memberikan contoh teladan yang baik bagi anak-anak.  Jika sudah membiasakan diri menjadi orang baik-baik, maka di rumah pun kita akan selalu menjadi orang baik yang akan dilihat, diamati dan ditiru oleh anak-anak kita.

2. Menghargai Kejujuran Anak

Jika seorang anak berbohong maka hendaknya jangan memarahi anak tersebut.  Lakukanlah pendekatan untuk menyadarkan anak kita bahwa sikap seperti itu adalah sesuatu hal yang salah dan harus diperbaiki.  Berikan pujian kepada anak yang telah berani menceritakan kebenaran walaupun pada awalnya penuh dengan kebohongan.  Jangan lupa untuk memberikan atau mencarikan solusi pada masalah yang sedang dihadapi anak kita sehingga menyebabkan anak kita mau berkata dusta.

3. Menceritakan Kebaikan dan Keburukan Menjadi Orang Jujur

Beritahu anak menganai kelebihan dan kekurangan sebagai orang yang jujur.  Ceritakan pula tentang nasib orang-orang yang suka berbohong.  Jika anak tahu berbagai kebaikan yang bisa didapatkan dari kejujuran, tentu anak bisa tertarik untuk meninggalkan kebiasaan berkata bohongnya untuk menjadi orang yang jujur.

4. Melakukan Pendekatan Secara Agama

Dalam ajaran agama Islam, bohong adalah suatu perbuatan yang tercela yang bisa menambah dosa seseorang.  Setiap kesalahan atau dosa sekecil apa pun tentu akan ada balasannya di akhirat kelak.  Beritahukan kepada anak bahwa sebuah kebohongan bisa menimbulkan kebohongan baru.  Jika bohong sudah menjadi hal yang biasa, tentu dosa orang tersebut akan sangat banyak sekali yang bisa melemparkannya ke dalam neraka kelak setelah meninggal dunia dan setelah hari kiamat kelak.

5. Menjaga Anak dari Salah Pergaulan

Beteman dengan teman yang salah bisa membuat anak-anak kita terpengaruh sehingga mengikuti adat dan kebiasaan temannya tersebut.  Jika teman-temannya tersebut suka berbohong, tentu anak kita bisa ikut-ikutan menjadi tukang bohong.  Jika anak kita berteman dengan orang-orang yang salah maka dekatilah anak dan lakukan diskusi yang baik untuk menyadarkan anak tentang resiko fatal yang sedang dihadapinya.

---

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kita terapkan demi kejujuran anak-anak kita.  Kejujuran walaupun pahit terasa di awal, tentu bisa membuatkan hasil yang membahagiakan dan manis terasa.  Tidak seperti kebohongan yang bisa membawa pelakunya ke dalam keburukan baik keburukan di dunia maupun keburukan di akhirat.  Semoga kita semua memilki anak-anak yang jujur dan baik semua.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menjadikan Anak Sebagai Anak yang Jujur Tidak Suka Berbohong"

Posting Komentar