Cara Menjaga/Merawat Kesehatan Jantung Agar Tidak Sakit Jantung

Jantung merupakan salah satu organ terpenting manusia yang berguna untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung seorang manusia berhenti bergerak maka tidak ada kehidupan pada manusia tersebut.  Ditambah lagi bila batang otak seseorang mati, maka seseorang dapat dinyatakan telah meninggal dunia.  Jadi jantung memiliki peran yang sangat penting sekali karena tugas-tugasnya tersebut. Ada beberapa cara menjaga kesehatan jantung manusia yang berguna agar jantung tetap sehat dan tidak ada masalah yang mengganggu kerja jantung.

Jantung sebagai organ penting juga memiliki banyak sekali ancaman yang dapat merusak kerja jantung tersebut. Beberapa ancaman tersebut adalah kolesterol, sakit jantung, gangguan syaraf jantung, jantung rusak dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah mengapa sangat perlu sekali untuk menjaga kesehatan jantung kita.  Jantung yang sakit dapat membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan yang serius.  Dalam menjaga kesehatan jantung, kita bisa dengan cara-cara berikut ini.

Beberapa Tips Cara Menjaga / Merawat Kesehatan Jantung Agar Tidak Sakit Jantung :

1. Merawat Kesehatan Jantung dengan Olahraga Secara Teratur

Cara menjaga kesehatan jantung yang pertama adalah dengan berolahraga secara rutin dan seimbang. Dengan rutin berolahraga akan menguatkan otot jantung dan membuatnya bekerja secara normal. Olahraga ini bisa anda lakukan secara mudah tanpa harus bersusah payah dan mengeluarkan banyak uang. Anda bisa memulainya dengan lari kecil dan menggerakkan tubuh atau senam.

2. Mempertahankan Kesehatan Jantung dengan Makan Makanan Bergizi

Menjaga jantung agar tetap bekerja terus menerus tanpa ada gangguan adalah dengan cara memakan makanan yang bergizi. Cara menjaga kesehatan jantung tersebut dengan cara memberi asupan yang bergizi pada jantung anda. Makanan yang sehat seperti makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan makanan yang pas untuk jantung. Berikan asupan tambahn lain seperti sayur dan buah. Hal tersebut dapat memerikan nutrisi yang lebih untuk jantung.

3. Menjaga Kesehatan Jantung dengan Tidak Merokok

Merokok adalah perbuatan buruk yang dapat merusak jantung anda. Pada asap rokok mengandung banyak sekali racun didalamnya sehingga ketika anda menghisap maka racun tersebut akan masuk ke dalam tubuh. Beberapa kasus menyebutkan merokok mempengaruhi peredaran darah dan jantung. Cara menjaga kesehatan jantung yang paling tepat adalah dengan menghindari kebiasaan merokok dan menggantinya dengan kegiatan yang lebih berguna.

4. Merawat Jantung yang Sehat dengan Konsumsi Kacang-Kacangan

Cara menjaga kesehatan jantung selanjutnya adalah dengan memakan kacang-kacangan. Dalam kacang tersebut mengandung banyak sekali manfaat yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah sehingga peredaran darah menjadi sangat lancar tanpa menghambat sistem kerja jantung.  Tentu jumlah kacang yang dikonsumsi harus dalam batasan yang wajar akan tidak menimbulkan masalah kesehatan lain yang tidak kalah serius.  Salah satu penyakit yang bisa diakibatkan oleh kebanyakan makan kacang-kacangan adalah penyakit asam urat.

5. Menjaga Jantung yang Sehat Menerapkan Pola Hidup Sehat

Selain keempat cara di atas anda pun harus menerapkan pola hidup sehat secara kontinyu berkesinambungan.  Beberapa contoh penerapan pola hidup sehat pada manusia yakni contohnya seperti tidak bergadang, tidak tinggal di tempat yang memiliki banyak polusi, menghindari stress pikiran, makan makanan sehat, minum minuman sehat yang cukup, tidur yang cukup, bekerja tidak berlebihan, menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dan lain sebagainya.

---

Dengan menjaga kesehatan jantung secara maksimal maka otomatis kita telah menjadi kesehatan diri kita secara keseluruhan.  Jantung adalah pusat dari kehidupan seorang manusia.  Jika ada masalah pada jantung sebaiknya jangan diabaikan dan dibiarkan begitu saja.  Bisa saja masalah jantung kecil bisa berubah menjadi penyakit mematikan jika tidak segera ditangani dengan baik.  Mudah-mudahan kita semua selalu diberikan kesehatan jantung dan yang lainnya oleh Allah SWT.  Semoga kita sehat selalu, baik lahir maupun batin, terima kasih.

+baiiput

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menjaga/Merawat Kesehatan Jantung Agar Tidak Sakit Jantung"

Poskan Komentar