Contoh Bentuk Perusakan Alam / Lingkungan Hidup Menyedihkan oleh Manusia

Dalam kehidupan kita sehari-hari terdapat akitivitas-aktivitas yang menyebabkan kerusakan alam lingkungan sekitar kita.  Ada yang hanya menyebabkan kerusakan ringan terhadap lingkungan, dan ada juga yang menyebabkan bencana besar terhadap lingkungan di sekitarnya.  Kerusakan demi kerusakan terjadi dari waktu ke waktu akibat dari ulah tangan manusia.

Contoh Bentuk-Bentuk Perusakan Alam Sekitar Kita :

1. Pertambangan Pasir Laut

Jika pasir laut dikeruk terus-menerus maka bukan hal yang tidak mungkin laut akan menjadi semakin dalam dan akhirnya akan membuat daratan semakin terkikis dari hari ke hari.

2. Pertambangan Gunung atau Bukit

Gunung yang diambil sumber daya alam yang dikandungnya dapat menyebabkan gunung hilang atau bukit hilang karena diambil kekayaan alamnya sedikit demi sedikit.

3. Pertambangan Bawah Tanah

Pertambangan di bawah tanah dapat mengakibatkan munculnya lubang raksasa yang sewaktu-waktu dapat menimbulkan malapetaka apabila tidak diatasi dengan baik.

4. Pembalakan Hutan

Hutan akan menjadi gundul jika pohon-pohon yang ada di dalam hutan ditebangi untuk diambil kayunya.  Hutan gundul dapat mengakibatkan terjadinya bencana tanah longsor dan banjir.

5. Pembuangan Limbah ke Sungai dan Laut

Kondisi sungai-sungai yang ada saat ini begitu menyedihkan.  Limbah pabrik dan limbah rumah tangga yang mengandung zat-zat kimia berbahaya dibuang begitu saja ke kali dan laut sehingga mencemari biota laut dan juga ikan-ikan yang kita makan.

6. Pengrusakan Lapisan Ozon

Penggunaan gas-gas yang mampu mengurai struktur lapisan ozon pernah marak beberapa waktu yang lalu.  Hingga kini pun lapisan ozon juga masih terancam oleh gas-gas yang dihasilkan oleh kegiatan manusia.

7. Pembakaran Hutan

Biasanya setiap tahun di indonesia mengalami kebakaran hutan.  Banyak yang menduga pembakaran tersebut dilakukan oleh manusia.  Banyak habibat dan ekosistem yang musnah akibat perbuatan tersebut.

8.  Perkebunan dan Pertanian yang Buruk

Pengelolaan lahan pertanian dan perkebunan yang tidak tepat dapat membuat suatu lahan yang subuh menjadi kritis.  Tanah yang sudah kritis akan sulit untuk ditanami tanaman yang bernilai baik.

Ujung-ujungnya manusia itu juga yang akan terkena dampak akibat negatifnya.  Manusia yang baik terkena imbas dari perbuatan manusia yang jahat.  Memang, seharusnya orang-orang baik bersatu padu untuk melawan kekuatan jahat yang hendak merusak alam dengan untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya.  Lingkungan yang telah rusak pun juga harus sesegera mungkin dilakukan perbaikan secara rapi agar alam dapat pilih kembali seperti sedia kala.




Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Contoh Bentuk Perusakan Alam / Lingkungan Hidup Menyedihkan oleh Manusia"

Poskan Komentar