Daftar Orang yang Harus Kita Hormati dan Hargai

Secara umum orang yang harus kita hormati dan harga adalah semua orang yang ada di dunia ini.  Baik orang yang berbuat baik kepada kita maupun berbuat jahat kepada kita tetap harus kita hormati dan hargai.  Hal ini dikarenakan kita tidak akan pernah tahu kapan musuh kita atau orang yang berbuat jahat kepada kita mendapatkan hidayah dari Tuhan sehingga berubah total menjadi orang yang baik.

Dengan berbuat baik pada orang yang tidak baik kepada diri kita maka secara tidak langsung kita memberi contoh keteladanan dan sikap yang baik yang bisa mereka tiru.  Selain itu jika berbuat baik kepada mereka, mereka pun akan lebih bersikap lunak kepada kita daripada kepada pihak lain yang memperlakukan mereka dengan tidak baik.  Namun hal ini tidak berlaku bagi orang-orang yang memang hendak menjahati kita sehingga harus kita berikan tindakan yang tegas namun tetap berada pada batasan-batasan yang wajar dan juga baik.

Walaupun kita harus memberi penghormatan dan penghargaan kepada semua orang, kita juga harus memberikan rasa hormat dan penghargaan kita yang lebih dari pada normal kepada orang-orang tertentu.  Dengan demikian maka akan terjadi suatu hubungan yang baik antara diri kita dengan orang-orang yang kita berikan penghormatan dan penghargaan yang lebih tersebut.

Daftar Orang-Orang yang Harus Kita Hormati dan Hargai dalam Hidup Ini :

1. Orangtua Kita (Ayah dan Ibu)

2. Anggota Keluarga Kita yang Lebih Tua (Kakek, Nenek, Buyut, Paman, Bibi, Mertua, dll)

3. Guru Kita

4. Orang yang Lebih Tua

5. Orang-Orang Soleh

6. Orang yang Telah Berjasa Kepada Kita (Langsung dan Tidak Langsung)

7. Tetangga Kita

8. Pemimpin Kita

9. Atasan Kita

10. Orang-orang yang Telah Membantu Kita

Itulah beberapa orang yang perlu kita hormati dan hargai melebihi orang lain secara umum.  Semua orang haruslah kita hormati dan hargai agar kita punya banyak teman / kawan dan menghindari adanya musuh yang nyata.  Hidup kita akan menjadi lebih bahagia dan tentram jika kita saling hormat-menghormati dan harga-menghargai sesama manusia.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Daftar Orang yang Harus Kita Hormati dan Hargai"

Posting Komentar