Efek/Dampak Negatif Makan Daging Kambing Bagi Kesehatan

Banyak orang yang menganggap bahwa makan makanan yang dibuat dari daging kambing seperti sate kambing, nasi goreng kambing, tongseng kambing, dan lain sebagainya dapat mengobati penyakit darah rendah alias hipotensi.  Daging kambing dianggap mampu mengatasi masalah tekanan darah rendah tanpa efek samping yang membahayakan.  Orang yang mengalami tekanan darah rendah mungkin sering disarankan untuk makan makanan yang berbahan daging kambing oleh orang yang ada di sekitarnya.

Masalahnya adalah penyakit darah rendah merupakan penyakit yang disebabkan oleh banyak hal.  Contohnya yaitu seperti karena dehidrasi, pendarahan, kurang tidur, kecapekan, gangguan jantung, dan lain sebagainya.  Tidak semua darah rendah cocok dengan makan daging kambing.  Pada penderita darah rendah yang disebabkan oleh masalah jantung, makan daging kambing mungkin bisa menyebabkan kematian.

Daging kambing termasuk dalam golongan daging merah yang memiliki kandungan lamak dalam jumlah yang cukup besar.  Di dalam daging kambing terkandung lemak jenuh LDL yang cukup besar sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah besar.  Lemak jenuh sedikit demi sedikit akan menumpuk pada sistem peredaran darah manusia.  Ketika tumpukan tersebut sudah melebihi ambang batas maka yang terjadi adalah penyakit dan gangguan kesehatan yang bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik dan benar.

Mengkonsumsi daging kambing terlalu banyak dan sering tidaklah baik bagi kesehatan tubuh seseorang.  Makan daging merah tidak boleh terlalu banyak dan harus diimbangi dengan makan sayur-sayuran dalam jumlah yang cukup.  Sembelit merupakan penyakit yang biasa disebabkan oleh memakan daging kambing secara berlebihan.  Selain itu orang yang memiliki masalah asam lambung yang berbalik ke atas (GERD) bisa semakin parah penyakitnya.

Secara umum jika daging kambing dikonsumi berbebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius yaitu peningkatan kadar lemak dan kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh.  Daging kambing memang memiliki manfaat yang tidak sedikit.  Akan tetapi bahayanya juga harus kita ketahui untuk mengantisipasi sejak dini berbagai dampak negatif yang mungkin timbul.  Sehingga kita pun dapat terhindar dari berbagai penyakit dan gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh daging kambing.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Efek/Dampak Negatif Makan Daging Kambing Bagi Kesehatan"

Poskan Komentar