Main Game di Handphone/Ponsel Berlebihan Merusak Mata

Perkembangan dunia gadget elektronik belakangan ini memang sungguh luar biasa.  Munculnya teknologi yang canggih dan terbaru yang berkesinambungan dalam waktu yang tidak terlalu lama membuat kita mengganti handphone berkali-kali dari awal kita mulai menggunakan handphone hingga saat sekarang ini.  Hp yang populer 5 tahun yang lalu terasa sangat kuno sekali, padahal ukuran lima tahun bukanlah jangka waktu yang sangat lama.

Salah satu hal yang membuat kita khawatir dari perkembangan dunia perhandphonan saat ini adalah maraknya aplikasi hiburan gratisan yang dapat diunduh dan dipasang dengan mudah di hp yang canggih alias smartphone.  Banyak orang yang keranjingan menggunakan handphonenya melebihi yang lain.  Handphone smartphone banyak digunakan orang untuk bekomunikasi dengan orang lain, main game, mencari informasi, dan lain sebagainya.

Ada begitu banyak permainan atau game menarik yang bisa dimainkan di smartphone.  Seseorang bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk memainkan permainan yang ada di ponsel canggihnya.  Seseorang bisa lupa untuk mandi, makan, ibadah, belajar, dan lain sebagainya tepat pada waktunya.  Beragamnya permainan menarik dan menawan hati yang bisa didapatkan secara gratis menyebabkan orang bisa ketagihan dan memainkan game yang sama dari hari ke hari.

Bermain game dalam waktu yang lama secara rutin adalah sesuatu hal yang tidak disarankan.  Menatap ponsel secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama bisa membuat mata menjadi rusak.  Mata yang lelah dipaksa terus-menerus menatap layar smartphone tanpa disadari.  Belum lagi kebiasaan sebagian orang yang memandang layar ponselnya lebih dekat daripada jarak pandang saat membaca buku atau koran.  Selain itu pancaran cahaya terang dari smartphone yang sangat terang dan dipandang terus-menerus tidaklah baik untuk mata.  Walhasil banyak orang yang mengeluh kemampuan pandangan matanya berkurang dari sebelum menghabiskan banyak waktu dengan smartphonenya.

Oleh sebab itu maka hendaknya kita semua melakukan introspeksi diri kita sendiri.  Apakah diri kita telah terlalu banyak berinteraksi dengan hape, tablet, laptop, pc, dan sebagainya atau tidak.  Jika memang terlalu banyak maka segeralah kurangi penggunaan gadget yang saat ini kita gunakan.  Mata yang kita miliki tidaklah bisa diganti jika telah rusak.  Yang ada hanyalah dijaga kesehatannya dan diobati bila sakit.  Mencegah tentu jauh lebih baik daripada mengobati mata yang telah rusak akibat pola hidup yang salah.  Selamat mencoba dan semoga berhasil mencegah mata kita menjadi rusak atau menjadi lebih rusah dari yang ada pada saat ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Main Game di Handphone/Ponsel Berlebihan Merusak Mata"

Poskan Komentar