Faktor Penyebab Obesitas / Kegemukan Pada Manusia (Orang)

Secara umum orang yang memiliki tubuh yang lebih gemuk dari yang seharusnya dapat dikatakan sebagai orang yang terkena obesitas.  Kelebihan berat badan dapat dipastikan dengan membandingkan antara berat badan dengan tinggi badan.  Jika tidak proporsional maka dapat dipastikan seseorang mengalami kegemukan atau bahkan kekurusan.  Baik terlalu gendut maupun terlalu kurus hendaknya segera melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Obesitas adalah suatu keadaan di mana tejadi penumpukan sel-sel lemak di dalam tubuh dalam jumlah besar yang melebihi batas normalnya.  Obesitas atau kegemukan dapat dengan mudah terlihat secara fisik karena tubuh penderita obesitas akan menggelembung seperti balon yang tidak seperti orang-orang normal pada umumnya.  Obesitas adalah suatu keadaan yang harus segera diubah menjadi normal agar tidak menyebabkan penyakit berbahaya pada penderitanya.

Dua Faktor Penyebab Utama yang Menyebabkan Obesitas / Kelebihan Berat Badan pada Manusia :

1. Pola Makan yang Tidak Sehat

Terbiasa dengan pola makan yang tinggi kandungan karbohidrat dan lemak adalah salah satu hal yang biasa menjadi penyebab obesitas / kegemukan pada manusia.  Ditambah lagi dengan kebiasaan makan dan minum yang manis-manis yang banyak mengandung gula pasir juga akan menambah lengkap penyebab obesitas pada diri seseorang.  Terbiasa dengan pola makan yang buruk tentu lama kelamaan akan membuat kadar lemak dalam tubuh seseorang terus-menerus bertambah sehingga akhirnya terjadi kelebihan berat badan.

2. Kurang Aktivitas Fisik

Jika pola makan sudah salah, maka kondisinya akan bisa lebih parah lagi apabila seseorang tidak melakukan aktivitas fisik yang cukup untuk membakar lemak-lemak yang ada di dalam tubuhnya sehingga lama-kelamaan lemak akan semakin bertambah dari hari ke hari.  Hal ini biasanya diakibatkan oleh perubahan gaya hidup yang pasif, seperti pekerja kantoran, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga yang terlalu mengandalkan pembantu rumah tangga, dan lain sebagainya.  Jika seseorang rutin berolahraga yang banyak menguras tenaga dan keringat maka resiko obesitas bisa dikurangi seminimal mungkin.

----

Oleh kerena itu hendaknya kita melakukan pencegahan sejak sedini mungkin agar terhindar dari obesitas / kegemukan.  Yang sudah gemuk hendaknya segera mengubah pola hidup yang dijalani saat ini dengan pola hidup yang sehat ditambah dengan program diet yang baik sehingga sedikit demi sedikit dapat mengurangi berat badannya menuju ke arah berat badan yang ideal / proporsional.  Jika tidak maka bersiap-siaplah dengan penyakit gangguan metabolik, penyakit degeneratif, penyakit jiwa, dan lain sebagainya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Faktor Penyebab Obesitas / Kegemukan Pada Manusia (Orang)"

Poskan Komentar