Jumlah Orang Gemuk di Jakarta Indonesia dengan Berat Badan Berlebih (Obesitas)

Ibukota negara Indonesia yaitu Kota DKI Jakarta adalah kota yang paling padat penduduknya di negara ini.  Ada sekitar 10 juta orang tinggal di Jakarta dan jika digabung bersama kota-kota yang ada di sekitarnya maka bisa melonjak tajam menjadi sekitar 28 juta jiwa.  Kota Jakarta merupakan kota yang menjadi pusat perekonomian di Indonesia karena sebagian besar uang berada di Jakarta dan sekitarnya.

Menurut Ketua Himpunan Studi Obesitas Indonesia atau yang disingkat HISOBI menyatakan bahwa jumlah orang Jakarta yang terkena penyakit sindrom metabolik yang merupakan salah satu penyebabnya adalah obesitas jumlahnya cukup banyak, yaitu kurang lebih 33% dari total penduduk Kota Jakarta.  Jumlah anak-anak Jakarta yang mengalami kegemukan kurang lebih 19,6% itu berarti sekitar hampir seperlima anak orang Jakarta mengalami kelebihan berat badan alias kegemukan.  Berarti jumlah anak Jakarta yang memiliki berat badan ideal dan orang yang kurus (underweight) adalah sekitar 80,4% atau empat perlima penduduk DKI Jakarta.

Jumlah orang gemuk di Jakarta menurut suatu studi FKUI adalah sekitar 67%.  Jika jumlah penduduk Provinsi DKI Jakarta adalah kurang lebih 10 juta orang, maka jumlah banyaknya orang yang diperkirakan mengalami obesitas atau kegemukan adalah sekitar 6,7 juta orang.  Sedangkan warga yang berat badannya normal (ideal) dan ditambah dengan warga yang kekurangan berat badan (underweight) jumlahnya sekitar 3,7 juta orang.  Walaupun menyedihkan namun masih lebih baik dari negara Meksiko yang 70% warga negaranya obesitas.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Jumlah Orang Gemuk di Jakarta Indonesia dengan Berat Badan Berlebih (Obesitas)"

Posting Komentar