Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Obesitas (Kelebihan Berat Badan)

Masalah berat badan berlebih atau obesitas adalah suatu masalah kesehatan yang bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya dalam jangka panjang.  Oleh karena itu hendaknya setiap orang menjaga berat badannya agar jangan sampai terlalu kegemukan dan juga jangan sampai terlalu kurus.  Berat badan proporsional dengan tinggi badan adalah berat badan yang paling ideal bagi semua orang.

Salah satu hal yang dapat mengakibatkan kelebihan berat badan pada manusia adalah kurang tidur.  Kekurangan waktu tidur bisa menyebabkan seseorang menjadi mengantuk.  Kantuk yang dirasakan oleh seseorang akan mempengaruhi sistem metabolisme pada tubuhnya.  Terdapat perubahan pada hormon-hormon di dalam tubuh khususnya hormon yang mengatur nafsu makan.  Dengan begitu orang yang kurang tidur akan cenderung untuk makan lebih banyak dari biasanya.

Jika sudah demikian adanya maka apa pun bisa dimakan dan diminum karena timbul perasaan yang condong kepada rasa lapar.  Ketika sudah lapar maka yang tidak baik untuk dikonsumsi pun bisa dimakan dan diminum.  Tidak hanya dimakan dan diminum saja, namun juga bisa masuk ke dalam sistem pencernaan dalam jumlah yang besar alias jumlah yang berlebihan.  Oleh karena itu maka biasakanlah pola hidup yang sehat dan baik agar tidak mengalami obesitas akibat perubahan hormonal yang terjadi secara alami akibat kurang tidur.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Obesitas (Kelebihan Berat Badan)"

Posting Komentar