Sebagian Besar Manusia Kekurangan Serat Makanan

Menurut para ahli gizi rata-rata manusia hanya mengkonsumsi serat makanan seberat 15 gram perhari.  Padahal jumlah serat makanan yang dibutuhkan oleh manusia menurut para ahli adalah sebanyak 25 gram setiap harinya.  Itu berarti rata-rata orang masih butuh asupan serat makanan tambahan seberat 10 gram setiap harinya secara rutin.

Padahal serat yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan bisa bekerja secara optimal dalam kehidupan sehari-hari.  Tanpa serat yang cukup tentu seseorang bisa mengalami gangguan kesehatan terutama pada bagian pencernaan.  Salah satu tanda, ciri atau gejala orang yang kurang serat adalah susah buang air besar atau sembelit.

Oleh karena itu mari kita telusuri kembali konsumsi serat kita sehari-hari.  Apakah sudah mencukupi atau belum.  Jika masih kurang maka sebaiknya kita mulai menambah serat yang masuk ke dalam perut kita lewat makanan dan minuman seperti buah-buahan, sayur-mayur, dan lain sebagainya.  Jangan lupa untuk mengkonsumsi air minum yang cukup karena serat tidak bisa bekerja dengan maksimal jika kekurangan air di dalam sistem pencernaan tubuh manusia.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Sebagian Besar Manusia Kekurangan Serat Makanan"

Poskan Komentar